Beredar Video Pernyataan Pemecatan karena Agama, Mentan Minta Hashim Buat Klarifikasi

  • Whatsapp
Menteri pertanian Suswono
Menteri pertanian Suswono

Jakarta: Menteri Pertanian Suswono berencana meminta klarifikasi dari Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo soal video pernyataannya bahwa 73 pegawai di Kementerian Pertanian dipecat karena beragama Kristen.

Namun, Suswono yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera tersebut berpendapat video Hashim itu tak akan mengendurkan dukungan partainya kepada pasangan presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Prabowo adalah kakak Hashim, sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

“Menurut saya, video ini dengan komitmen PKS kepada Prabowo adalah hal yang berbeda,” kata Suswono, Selasa (3/6/2014). “Video itu di luar masalah pilpres. Soal dukungan ke Prabowo, kami akan tetap mengawal pemenangan Prabowo.”

Namun, Suswono pun ingin Hashim membuat klarifikasi langsung soal pernyataannya itu. Jika Hashim mengakui ada kesalahan informasi sehingga membuat pernyataan sebagaimana isi video itu, Suswono berpendapat tak ada lagi yang perlu dipersoalkan.

Suswono berharap dalam waktu dekat dapat bertemu langsung dengan Hashim. Sejauh ini, dia mengaku belum berpikir akan mengambil langkah hukum atas pernyataan Hashim yang diunggah di laman YouTube tersebut.

“Saya hanya butuh penjelasan dan klarifikasi dari beliau apa betul itu suara beliau. Apa benar beliau meyakini hal itu (pemecatan berdasarkan agama) dan sumber dari mana?” kata Suswono. Dia menyebutkan keinginannya ini yang kemudian dia susul dengan pemaparan soal mekanisme promosi jabatan bagi para pejabat di lingkungan kementeriannya.

Untuk pejabat eselon I, kata Suswono, pemilihan langsung dilakukan oleh pejabat eselon II yang memberikan tiga nama kepada menteri. Tiga nama yang paling banyak didukung nantinya akan diajukan ke Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai oleh Wakil Presiden Boediono.

Adapun untuk pemilihan pejabat eselon II, Suswono menjelaskan bahwa pejabat eselon I memberikan usulan kepada sekretaris jenderal. Lalu, Menteri Pertanian yang akan memilih pejabat eselon II itu.

Namun, Suswono mengatakan, kementeriannya menyiapkan format pemilihan baru untuk eselon II mulai 2013. “Kami sudah merancang sejak tahun lalu, mekanisme lelang. Jadi, tidak benar ada pengangkatan berdasarkan agama,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pemecatan, Suswono mengakui banyak pegawai Kemementerian Pertanian yang dipecat. Namun, ujar dia, pemecatan dilakukan karena kinerja buruk dari pegawai tersebut, misalnya karena kerap membolos. “Bukan karena faktor agama,” ujar Suswono.

Justru, kata Suswono, mayoritas pegawai kementeriannya yang dipecat beragama Islam. “Bahkan, kalau mau dihitung, yang saya pecat itu (mayoritas) orang Islam. Tapi, ini kan wajar karena di Indonesia mayoritas Muslim, di mana-mana juga pasti begitu,” ujarnya. (sumber: kompas.com)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.