SMKN 3 Mataram Binaan PLN UIP Nusra Kantongi Sertifikat Bengkel Konversi Motor Listrik Pertama se-Indonesia Timur

  • Whatsapp
Foto: PLN UIP Nusra

Mataram – Bengkel konversi SMKN 3 Mataram binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) resmi mengantongi sertifikat sebagai bengkel pemasangan, perawatan dan pemeriksaan peralatan instalasi sistem penggerak motor listrik pada sepeda motor dengan kategori tipe B dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubunga Darat.

Sertifikat dengan Nomor; SR-DRJD 920 Tahun 2024 masa berlaku selama 5 tahun.

Sertifikat bengkel konversi ini diberikan kepada SMKN 3 Mataram setelah melalui proses verifikasi dan dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai bengkel konversi, di antaranya memiliki teknisi dan peralatan yang memadai.

Selanjutnya, Direktur Sarana Transportasi Jalan melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pelaksanaan keputusan ini.

Kepala Sekolah SMKN 3 Mataram, Sulman Haris, menjelaskan bahwa bengkel konversi ini merupakan bengkel konversi motor listrik pertama di NTB. Terwujudnya bengkel ini akan memudahkan masyarakat NTB yang ingin mengubah mesin motor konvensional menjadi motor listrik.

“Prestasi ini tentunya dengan dukungan pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan PLN UIP UIP Nusra yang selalu mendukung penuh berdirinya bengkel konversi ini,” ucap Sulman Haris.

Sulman Haris mengatakan ada perjalanan penjang yang mesti dilewati sebelum memperoleh sertifikat bengkel konversi, mulai dari verifikasi kelayakan, berkas, hingga verifikasi langsung oleh tim Kementerian Perhubungan.

“Bengkel konversi SMKN 3 Mataram akan menjadi bengkel konversi sepeda motor grade A untuk ke depannya sehingga menjadi bengkel konversi yang diberikan kewenangan sebagai tempat pengujian sepeda motor listrik untuk wilayah Indonesia timur,” kata Sulman Haris.

Sementara itu, General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIP Nusra, Abdul Nahwan, mengatakan PLN akan mendukung kelangsungan dan keberlanjutan bengkel konversi SMKN 3 Mataram, baik dalam menciptakan produk maupun memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait konvensi kendaraan listrik.

“PLN bersama stakeholder terkait terus berkomitmen dalam mewujudkan dan mendukung ekosistem kendaraan listrik di NTB secara lebih masif, serta medukung semangat NTB dalam mewujudkan green tourism ” ucap GM Abdul Nahwan.

Hingga saat ini, SMKN 3 Mataram telah menciptakan puluhan produk kendaraan listrik, seperti konversi motor, dokar listrik, buggy car, dan R-One Smekti yang tampil dalam ajang nasional Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 di Jakarta dan melahirkan 66 tenaga terampil dalam konversi kendaraan listrik bersertifikat nasional ditahun 2023. (*/gma)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.