Isteri Polisi di TTS Hadirkan Universitas Terbuka di Pesisir Selatan Timor

  • Whatsapp
Vebby Hadjo-Nailius (kiri) dan Suaminya Aipda Yeskial Hadjo (kanan) foto bersama salah satu undangan usai acara peresmian Salut Galatia Kualin/lintasntt.com

Kupang – Kiprah Pendidikan Tinggi dari Universitas Terbuka (UT) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) kian meluas. Tak hanya di pusat kota, namun juga menjangkau wilayah pelosok yang jauh dari ibu kota.

Ini bisa dilihat dari munculnya sejumlah cabang UT di kecamatan-kecamatan yang ada di NTT dalam beberapa tahun terakhir.

Read More

Salah satu yang baru adalah Sentra Layanan Universitas Terbuka (Salut) Galatia di Desa Kualin, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), wilayah yang berada di pesisir pantai selatan Pulau Timor.

Sebelumnya sudah ada beberapa cabang UT di wilayah Kabupaten TTS namun yang baru diresmikan sebagai sentra atau pusat layanan UT di daerah adalah Salut Galatia yang diresmikan Direktur UT Kupang, Dr Ajad Sudrajat, M.Pd di Kualin, Selasa (5/2/2024).

Ceritera hadirnya Salut Galatia di desa Kualin ini tidak lepas dari upaya keras Vebby Hadjo-Nailius, anggota Bhayangkari Polres TTS yang adalah isteri dari Aipda Yeskial Hadjo, anggota Polsek Kualin.

Lewat sambungan telepon, Rabu (6/2) Vebby yang juga adalah kepala sekolah SMP Negeri 3 Amanuban Selatan, Kabupaten TTS ini, mengatakan upaya yang dilakukan itu untuk menjawab animo masyarakat setempat yang merindukan adanya lembaga pendidikan tinggi di wilayah yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Kupang, ibu kota Provinsi NTT dan SoE, ibu kota Kabupaten TTS.

Pada tahun 2008, pertama kali ia menginjakkan kaki di wilayah itu sebagai guru karena mengikuti tugas sang suami, kata Vebby, di wilayah itu hanya ada beberapa SD, SMP dan SMA, tidak ada lembaga pendidikan tinggi. Sehingga selain persoalan biaya faktor jarak menjadi suatu alasan warga setempat tidak melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang pendidikan tinggi.

Aspirasi sejumlah tokoh masyarakat setempat yang disampaikan kepadanya dalam sejumlah pertemuan kemasyarakatan dan juga yang disampaikan kepada suaminya yang sempat bertugas sebagai Babinkamtibmas Polsek Kualin menjadi motivasi baginya untuk mewujudkan mimpi warga setempat.

“Jadi awalnya karena ada kerinduan tokoh-tokoh masyarakat disini untuk ada perguruan tinggi di sini karena universitas jauh dari Kualin,” katanya.

Sampai pada suatu kesempatan di bulan Agustus tahun 2023, iya mengikuti kegiatan sosialisasi promosi (sosprom) dari UT Kupang di SMKN Kolbano yang dihadiri juga oleh Direktur UT Kupang.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, dia dan suaminya beranikan diri untuk bertemu dan berdialog langsung dengan pimpinan UT Kupang soal harapan dari sejumlah masyarakat kecamatan Kualin.

Gayung bersambut niat baik keduanya direspon baik oleh pimpinan UT Kupang hingga akhirnya diminta siapkan segala persyaratan termasuk tempat dan jumlah mahasiswa yang menjadi peserta kuliah nantinya.

“Kami diminta dalam 4 hari harus siapkan sejumlah syarat termasuk calon mahasiswa sebanyak 52 orang, dan puji Tuhan itu kami jawab. Ini karena begitu besar dukungan masyarakat disini,”kata Vebby.

Hingga kini. Salut Galatia Kualin sudah memiliki 58 mahasiswa dengan berbagai jurusan. “Tanggal 26 Agust 2023, saya ikut sosialisasi promosi (sosprom) oleh Direktur UT Kupang di SMKN Kolbano. Pada hari itu juga Direktur dan tim langsung meninjau lokasi di kualin dan disetujui untuk menerima mahasiswa untuk periode 2023.2 sehingga sampai tanggal 31 Agustus 2023, daftar 52 orang tetapi yg divalidasi 30 orang tetapi yang Regis 28 orang. Periode 2024. tanggal 1-6 tadi berjumlah 30 org,” urai Vebby.

Kapolsek Kualin, Ipda Faizal E. Alang,SH,MH dalam sambutannya di peresmian Salut Galatia menyampaikan kebanggaannya terhadap upaya nyata anggota bhayangkari Polsek Kualin yang telah melakukan suatu terobosan positif dalam rangka pengembangan Sumber daya manusia di wilayah itu.”suatu usaha yang sangat luar biasa dari ibu Vebby sebagai anggota bhayangkari dan pak Yes, (Yeskial Hadjo). Saya salut dan bangga atas terobosannya menghadirkan pendidikan tinggi di wilayah ini,” kata Kapolsek Faizal yang memberikan sambutan mewakili Kapolres TTS.

Peresmian Salut GALATIA Kualin dihadiri Direktur UT Provinsi NTT Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd, Kabag Tata Usaha UT Kupang Ansari Wahab,S.Sos, Penanggung jawab UT wilayah TTS Jenny M. Ratukore,S.Ikom, Perwakilan PJ Bupati TTS staf ahli bupati, Jack Benu,ST,MT, Kapolsek Kualin, pejabat yang mewakili Kadis pendidikan TTS, dan Wakil Bupati Sabu Raijua Johanis Uly Kale,A.Md.,S.Pd,

Hadir pula anggota DPRD Kabuoaten TTS Roy Babis, Camat Kualin Welhelmus Nabunome,S.Pi,M.Si, Camat Kolbano Dominggus E. Boimau,S.Ap, Ketua Klasis Kuanfatu Pdt Yani Tahun, S.Th, Egusem P. Tahun.ST.MM, sesepuh Salut Galatia, sejumlah kepala desa, Sejumlah kepala TK/Paud,SD/SMP/SMA/SMK dan sejumlah tokoh
masyarakat, tokoh adat,tokoh pendidikan dan Tokoh agama se-kecamatan Kualin dan Kolbano.(Jmb)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.