Enam Bulan di Luar Angkasa, 3 Astronot Kembali ke Bumi

  • Whatsapp
Rosaviatsiya via phys.org

Tiga astronot berhasil kembali ke Bumi dengan selamat, Kamis (22/10/2020), setelah menjalankan misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS) selama enam bulan.

Seperti dikutip dari phys.org, Jumat (23/10/2020), Kapsul Soyuz MS-16 yang membawa astronot NASA Chris Cassidy, serta Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner dari Roscosmos, sukses tiba di Bumi.

Read More

Mereka mendarat di stepa Kazakhstan di tenggara Kota Dzhezkazgan pukul 07.54 waktu setempat. Setelah melakukan pemeriksaan singkat, ketiganya baru bisa kembali ke kampung halaman masing-masing. Cassidy akan naik pesawat NASA kembali ke Houston, sedangkan Vagner dan Ivanishin akan terbang ke Star City, Rusia.

Baca Juga :  Peluang Manusia Temukan Alien Sangat Kecil

Ketiga astronot dilaporkan dalam kondisi baik. Namun, sebagai bagian tindakan pencegahan virus corona, anggota tim penyelamat yang melakukan penjemputan terlebih dahulu melakukan tes virus. Orang yang terlibat dalam proses pemulihan astronot juga dibatasi jumlahnya. Setelah tiba di stasiun luar angkasa pada 9 April lalu, astronot menghabiskan 196 hari di luar angkasa.

Selama waktu itu pula mereka menyelesaikan 3.136 orbit mengelilingi Bumi dan menempuh jarak 133 juta km. Mengutip CNN, selama tugasnya di luar angkasa, para kru ISS tersebut telah melakukan berbagai eksperimen sains.

Cassidy misalnya, berpartisipasi dalam eksperimen yang dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia di Bumi, meneliti pembentukan dan aliran tetesan air di luar angkasa, dan bahkan bekerja dengan beberapa robot asisten astronot.

Baca Juga :  Daerah Lain Antusias Sambut Gerhana Matahari, Kota Kupang Adem Ayam

Robot bernama Astrobee ini berbentuk kubus dan bisa digunakan untuk membantu astronot dengan tugas-tugas mereka di masa depan. Selain itu, kru dapat menutup sementara kebocoran udara yang terjadi di ISS.

Kebocoran kecil itu tak menimbulkan bahaya langsung bagi awak stasiun dan telah disegel permanen. Pada November mendatang, ISS kembali akan menerima misi awak selanjutnya yang berasal SpaceX dan Japan Aerospace Exploration Agency. sumber: Phys/kompas.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *