Duta Besar Uni Eropa Kunjungi Calon Ibu Kota RI

  • Whatsapp
Foto: Dok Uni Eropa

Balikpapan – Melanjutkan roadshow di Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka meningkatkan pemahaman akan Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Indonesia – Uni Eropa (IEU-CEPA), Duta Besar Uni Eropa Bapak Vincent Piket juga mengunjungi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) untuk meninjau calon lokasi Ibu Kota Negara (IKN) baru (27/10).

Duta Besar Piket didampingi oleh pengurus Kadin Kalimantan Timur pagi hari berangkat dari Pelabuhan Semayang Balikpapan menggunakan kapal cepat milik Pemkab PPU. Perjalanan menyeberangi Teluk Balikpapan ini menempuh waktu 15 menit untuk sampai di Pelabuhan Penajam.

Di sana rombongan langsung menuju Kantor Bupati PPU dan disambut hangat oleh Bupati PPU H. Abdul Gafur Mas’ud di ruang rapat lantai 3. Dalam pertemuan tersebut Bupati membahas rencana kerja sama bisnis dan kesiapan wilayah PPU sebagai IKN baru. PPU memiliki potensi besar untuk kerjasama ekonomi dan investasi utamanya di empat wilayah kecamatan yaitu Penajam, Waru, Babulu dan Sepaku.

Baca Juga :  Ini 13 Pemenang Lomba Foto Infrastruktur NTT 2015

Bupati juga menyampaikan pentingnya sinergitas dalam mendukung rencana pemerintah pusat maupun daerah. “Perlu sinergi di semua sektor, baik pembangunan infrastruktur, pengembangan teknologi, hingga investasi dalam mengoptimalkan potensi yang ada di Kabupaten PPU,” ungkapnya.

Sementara Duta Besar Piket menyampaikan maksud kunjungannya yaitu untuk melihat lokasi IKN. “Kami akan melakukan studi untuk bisa membuka kantor baru di sini, namun tentunya masih menanti konfirmasi dari pemerintah pusat tentang undang-undang ibukota baru,” jelasnya.

Usai pertemuan tersebut, rombongan langsung diajak meninjau lokasi IKN di Kecamatan Sepaku. Setelah menempuh perjalanan sekitar dua jam, rombongan berhenti di lokasi rencana pembangunan Istana Negara yang masih berbentuk jalan setapak. Dari situ rombongan lalu ke Bukit Raya atau menara pandang, yaitu lokasi di dataran tinggi dengan panorama yang luas berselimutkan pepohonan dan lembah. Tim Sekretaris Daerah PPU lalu menjelaskan tentang rencana lokasi gedung MPR, gedung-gedung kementerian dan lembaga, dan lainnya.

Baca Juga :  Siapa Adian Napitupulu, Pengkritik Keras Prabowo?

Duta Besar Piket menyampaikan kekagumannya atas luas wilayah perbukitan dan berharap nantinya pembangunan dapat dilakukan dengan tetap mempertahankan kelestarian lingkungan. (*/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *