D’Ranch-88 Presisi jadi Destinasi Wisata Baru di Penfui Timur

  • Whatsapp

Kupang – Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif meresmikan pengoperasian D’Ranch-88 Presisi di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Jumat (29/10).

D’Ranch-88 Presisi awalnya merupakan lokasi hanggar helikopter Polda NTT yang kemudian diubah menjadi taman wisata. Ada stable atau kandang kuda, serta tempat pelatihan dan taman bermain.

Sudah ada empat kuda dan 35 anjing pitbull milik Direktorat Samapta Polda yang dilatih di lokasi tersebut.
“Tempat ini untuk perawatan dan pelatihan bagi kuda dan anjing, tetapi kami proyeksikan juga untuk edukasi bagi anak-anak TK, SD dan SMP,” kata Irjen Lotharia Latif kepada wartawan.

Selain edukasi, masyarakat umum juga boleh datang ke sana untuk berwisata, namun tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga :  NTT Gelar Tujuh Festival Pariwisata Berbayar

Irjen Latif berharap ke depan lokasi yang ada itu dikembangkan menjadi tempat pelatihan bagi atlet berkuda seperti halang rintang dan tunggang serasi. “Saya sudah koordinasi denan Pordasi NTT dan kita akan gelorakan kegiatan berkuda menjadi salah satu hal yang prioritas dan membanggakan,” ujarnya.

Menurutnya, NTT memiliki kuda yang hebat yakni kuda sandalwood dengan tinggi dengan tinggi 1,30-1,35 meter. “Kita harus menyiapkan atletnya dari sekarang,” ujarnya.

Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) NTT, Jery Manafe mengatakan kuda NTT unggul dalam beberapa hal karena digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan mengangkut barang seperti hasil pertanian.

“Kuda NTT unggul di fisik dan keserasian antara tubuh, kaki dan kuku dan juga punya ketahanan terhadap penyakit,” katanya. (mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *