Yos Lede Beralih Jalur, Raih Kursi DPRD NTT, Kini Incar Kursi Bupati Kupang

  • Whatsapp
Yos Lede saat mendaftar di PAN Kabupaten Kupang/Foto: Jemi

Kupang – Yosep Lede, politisi muda yang cukup terkenal di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timu (NTT). Pernah menduduki jabatan ketua DPRD kabupaten Kupang 2014-2019 dan anggota DPRD Kabupaten Kupang 2019-2024 membuat nama Yos Lede dikenal di mana-mana terutama di wilayah kabupaten Kupang.

Lantang mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang dianggap kurang pro rakyat membuat wajah Yos Lede tak jarang muncul di media massa karena menjadi sumber berita.

‘Nyanyian-Nyanyian’ Yos Lede di dalam maupun di luar ruang sidang DPRD membuat politisi partai Gerindra ini mendapat tempat tersendiri di hati sejumlah masyarakat Kabupaten Kupang.

Ini dibuktikan dengan dengan raihan suara signifikan Yos Lede yang diperoleh dari masyarakat Kabupaten Kupang dalam perhelatan pemilu legislatif Februari 2024 kemarin.

Lebih dari 15 ribu suara yang diperoleh Yos Lede dari wilayah Kabupaten Kupang,Rote dan Sabu memastikan Yos Lede menduduki satu-satunya kursi Gerindra di DPRD NTT dari daerah pemilihan NTT 2.

Langkah mulus Yos Lede yang selalu memperoleh hasil memuaskan dalam setiap perhelatan pemilu legislatif tingkat kabupaten maupun provinsi cukup menegaskan kalau Yos Lede bukan politisi ala kadar.

Barusan sukses meraih Kursi DPRD Provinsi NTT, Yos Lede kini memilih jalur politik berbeda dalam pengabdiannya kepada rakyat. Yos kini mengincar kursi bupati Kupang periode 2024-2029, setelah sukses menjadi DPRD NTT lewat pileg 14 Februari 2024.

Niat Yos menjadi orang nomor 1 di pemerintahan Kabupaten Kupang itu ditunjukan dengan berkeliling mendaftar sebagai bakal calon bupati Kupang akhir April ini di sejumlah partai politik yang meraih kursi di DPRD kabupaten Kupang

Yakni Gerindra (4 kursi), PAN (2 kursi) dan Demokrat (2 kursi). Di Kabupaten Kupang dibutuhkan minimal 7 kursi (20 persen dari 35 kursi) untuk mendaftar di KPU sebagai bakal calon bupati-wakil bupati. Yos sejauh ini belum mengenalkan secara terbuka ke publik soal figur wakilnya.

Yos tampak serius maju dalam pemilihan umum memperebutkan kursi kepala daerah kabupaten Kupang dengan langkah politiknya mendaftar di sejumlah parpol tersebut.

Selain Yos Lede, ada sejumlah figur yang kini sibuk mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati Kupang ke sejumlah parpol. Figur-figur tersebut yakni Korinus Masneno, mantan bupati Kupang yang mendaftar bareng wakilnya Veky Banfatin, Dokter Mese Ataupah, mantan ASN yang mendaftar sebagai calon bupati dan Jerry Manafe, mantan wakil Korinus Masneno di periode kepemimpinan 2019-2024.

Anton Natun, sobat karib Yos Lede di DPRD Kupang dalam dialog lepasnya dengan awak media mengapresiasi langkah politik sahabatnya itu.

Anton menilai Yos cukup berani mengambil sikap mencalonkan diri sebagai kepala daerah Kupang setelah memastikan menduduki salah satu kursi Gerindra di DPRD NTT.

Menurutnya jika sikap sahabatnya itu didasari perintah partai maka hal tersebut patut dijalankan namun jika itu didasarkan pada keinginan sendiri karena pertimbangan gengsi jabatan maka menurut Anthon Natun, saat ini bukan waktu tepat bagi Yos Lede untuk ikut calon.

“Selesaikan masa bakti di DPRD NTT dulu, dia masih sangat muda, semoga dia tidak menjadi korban untuk kepentingan politik pihak tertentu,” kata Anthon yang menolak ikut pilkada kali ini meski namanya digunjingkan sebagai calon wakil Jerry Manafe. (Jmb)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.