PLN Jaga Keandalan Listrik Selama Perayaan Semana Santa di Larantuka

  • Whatsapp
Foto: PLN

Kupang – PLN NTT melalui PLN UP3 Flores Bagian Timur Unit Layanan Pelanggan Larantuka mempersiapkan Kelistrikan untuk even religi Semana Santa dan Paskah 2024. Secara khusus pada perayaan Tri Hari Suci, Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Santo Larantuka.

General Manager PLN NTT, I Gede Agung Sindu Putra menyampaikan kegiatan PLN NTT dalam menjaga pasokan kelistrikan, keandalan kelistrikan dilaksanakan secara rutin dan terjadwal. Pada saat kegiatan besar seperti ini, PLN melakukan siaga untuk memastikan lebih lanjut, agar kelancaran seluruh prosesi acara berjalan baik dengan dukungan kelistrikan yang baik.

“Kesiapan perayaan Semana Santa tahun ini, PLN NTT memiliki Daya Mampu sebesar 9 Megawatt dengan Beban Puncak Tertinggi di Larantuka sebesar 6,9 Megawatt , sehingga saat ini terdapat Cadangan Daya sebesar 2,1 Megawatt,” ujar Sindu.

PLN menyiapkan lima posko siaga untuk kelancaran keberlangsungan prosesi Semana Santa 2024, kesiapan juga meliputi sisi ketersediaan daya, sumber daya manusia dan pendukung lainnya dilakukan untuk meminimalisir adanya gangguan kelistrikan.

Manager PLN UP3 Flores Bagian Timur, Rully Agus Widanarto mengatakan keandalan kelistrikan secara umum sudah sangat aman menjelang perayaan Tri Hari Suci ini.

“PLN UP3 FBT dan PLN ULP Larantuka mengerahkan 30 Personel dengan peralatan pendukung seperti, 2 Unit Genset daya 40 KW, 1 Unit UPS, 1 Unit ATS, 4 tenda posko siaga serta kendaraan pendukung 2 unit mobil, 4 unit motor roda dua dan material cadangan,” ungkap Rully.

Oscarlian Ratu selaku manager ULP Larantuka mengatakan persiapan PLN dalam menyambut event religi ini tentunya dengan melakukan pemeliharaan preventif.

“Pemeliharaan dilakukan di sisi kubikel 20 kV, SUTM, Gardu dan SUTR untuk kehandalan sistem kelistrikan ULP Larantuka, dilanjutkan pemeliharaan dan evaluasi sistem proteksi seluruh keypoint ULP Larantuka dengan penyusunan SOP distribusi, lalu penempatan personil pada posko – posko yang ditetapkan dan melakukan koordinasi dengan divisi-divisi lain seperti pembangkitan,” kata Oscar.

Lanjut Oscar, kesiapan peralatan untuk menyukseskan acara juga kami siapkan seperti genset emergency, UPS, ATS, Tenda posko siaga, sarana transportasi operasional, dan sarana komunikasi.

“Puluhan personel didukung dengan peralatan yang lengkap, personel siaga dikerahkan dan akan terus siaga menjaga pasokan listrik selama pelaksanaan Prosesi Semana Santa hingga Hari Raya Paskah,” tambah Oscar. (*/pln)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.