Donor Darah di Hotel Aston Kupang Berhasil Kumpulkan 42 Kantong

  • Whatsapp
Foto: Aston Kupang

Kupang – Aston Kupang Hotel & Convention Center bersama Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menggelar kegiatan donor darah, Senin (15/6/210. Donor darah terakhir yang digelar Aston Kupang pada September 2020.

Sebelum pandemi, Aston Kupang Hotel & Convention Center rutin melaksanakan kegiatan donor darah paling tidak 3 kali dalam setahun.

Read More

Kegiatan donor darah ini diselenggarakan dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia, sebagai wujud program sosial kemanusiaan digelar di ruangan Palacio 1 dan lobi pukul 09:00-12:30 Wita.

Sony Bambang, selaku General Manager Aston Kupang Hotel & Convention Center, target yang ingin dicapai kali ini adalah sebanyak 75 labu darah dengan telah menyebar undangan ke lebih dari 40 Instansi di seluruh Kota Kupang.

Donor darah pada Senin siang itu berhasil mengumpulkan sebanyak 42 labu darah, sedangkan partisipan awal yang mendaftar sebanyak 73 orang, namun yang berhasil lolos sebagai pendonor hanya sejumlah 42 orang. 42 pendonor yang lolos sesuai SOP ini menghasilkan golongan darah A sebanyak 8 kantong, golongan darah B sebanyak 12 kantong, golongan darah AB sebanyak 4 kantong dan golongan darah O sebanyak 18 kantong.

Baca Juga :  Hotel Berbintang Ini Sediakan Promo Paket Liburan Keluarga yang Terjangkau

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk CSR, juga sebagai pemenuhan dari empat pilar nilai yang dipegang oleh Aston, salah satunya adalah Empati. Tidak hanya donor darah, Aston Kupang juga kerap melaksanakan CSR dengan bentuk lain seperti kunjungan ke Panti Asuhan dan turut berkurban pada hari raya Idul Adha, sambung Sony Bambang.

“Puji Syukur kepada Tuhan kegiatan donor darah kali ini responnya amat luar biasa. Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan untuk TNI, POLRI, Polda, BUMN, BUMD dan seluruh perusahaan-perusahaan swasta lainnya yang telah merespon baik undangan kami dengan mengirimkan partisipan donor. Saya juga menyarankan untuk instansi swasta lain rutin dalam melakukan kegiatan sosial kemanusiaan seperti ini. Selain baik bagi kesehatan diri, juga turut menolong sesama,” pungkasnya.

Pada gelar donor darah kali ini, ada persyaratan baru yang perlu dipenuhi oleh peserta, salah satunya adalah sudah menerima vaksin pertama dan kedua dengan rentang 90 hari dari vaksin kedua.

Baca Juga :  Sambut Natal dan Tahun Baru dengan Aneka Kue Kering dari Aston Kupang

Selain itu adapun persyaratan lainnya adalah orang yang baru saja mendonorkan darah sebelumnya harus menunggu hingga 75 hari hingga bisa melakukan donor darah kembali.

Oleh karena itu, melalui proses screening dan konsultasi dengan pihak tenaga medis PMI, banyak peserta tidak dapat mendonorkan darahnya dikarenakan tidak memenuhi persyaratan diatas,” ujar Inggrid Bulan selaku Human Resources Manager Aston Kupang Hotel & Convention Center.

Terapkan Protokol Kesehatan

Karena masih maraknya isu pandemi tidak terkecuali di Kota Kupang, pada kegiatan donor darah kali ini, seluruh partisipan hingga pihak Hotel menerapkan protokol kesehatan.

Penerapan prokes mulai dari pengecekan suhu tubuh saat partisipan dan pihak PMI memasuki lingkungan Hotel, wajib mencuci tangan, sterilisasi alat dan fasilitas donor, selalu menggunakan hand sanitizer dan masker saat proses donor bagi seluruh individu.

Termasuk mengganti penggunaan absensi tulis dengan sistem scan barcode melalui smartphone, hingga coffee break yang dilayani secara khusus sehingga mengurangi resiko penularan melalui penggunaan alat makan secara bergantian. (aston)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *