Dokumen Berharga Pemprov NTT Tertinggal di Gedung Terbakar

  • Whatsapp
Foto: gamaliel
Foto: gamaliel

Kupang–Lintasntt.com: Ribuan dokumen penting terdiri foto, kaset dan klise masih tertinggal di bekas kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur di Jalan El Tari Kupang.

Padahal saat ini, pekerja sedang merobohkan gedung tersebut untuk selanjutnya dibangun lagi. Dokumen tersebut penting karena merekam kegiatan para gubernur Nusa Tenggara Timur sejak 1980an.

Dokumen-dokumen tersebut ditemukan berserakan di ruang bekas Biro Humas. Sejumlah warga yang datang ke lokasi itu menemukan dokumen-dokumen tersebut dan menyampaikan kepada wartawan.

Di antaranya foto-foto kegiatan mantan Gubernur Herman Musabake, Piet Tallo, dan H. Fernandez. Terdapat juga foto mantan Presiden Soerhato serta foto-foto pejabat daerah lainnya.

“Ini dokumen penting seharusnya disimpan di badan Arsip, bukan dibuang seperti ini,” kata Adrianus, warga yang ditemui ketika mengumpulkan barang-barang bekas di ruangan tersebut.

Baca Juga :  Jokowi Siapkan 3 Kartu Baru, Prabowo Janji Izinkan Impor jika Terpaksa

Dokumen itu diduga dibuang begitu saja ketika gedung kantor gubernur terbakar sejak 2013 lalu. “Dokumen foto itu juga bisa bercerita tentang perjalanan daerah ini, seharusnya disimpan, bukan dibuang,” kata Dia. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *