Resmikan Gardu Induk dan SUTT 150 kV, PLN NTT Hemat Rp15 Miliar

  • Whatsapp
Gardu Induk Tenau/Foto: Lintasntt.com

Kupang – Manager PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusra, Josua Simanungkalit meresmikan beroperasinya gardu induk (GI) 150 kV Tenau dan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kV Bolok-Tenau, Selasa (23/11/2021) sore.

Dampak positif dari beroperasinya gardu yang dibangun dengan anggaran Rp97 miliar tersebut, penghematan yang diperoleh PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur (NTT) antara Rp10-15 miliar per tahun.

Gardu Induk dan SUTT ini memiliki 31 tapak tower sepanjang 65,8 kms. “Dengan beroperasinya Gardu Induk Tenau ini, nanti akan meningkatkan keandalan listrik untuk Kota Kupang dan daerah sekitarnya. Waktu badai seroja, tegangan menengah di pinggir jalan roboh, melalui tegangan 150 kV ini tentu akan lebih handal,” katanya kepada wartawan.

Baca Juga :  Banyak Pedagang dan Pengunjung Pasar Oeba Kupang Tidak Pakai Masker

Selain itu, Sistem Timor yang selama ini memikul beban untuk seluruh kabupaten di Pulau Timor dan Kota Kupang, menjadi ringan karena beban untuk Kota Kupang disalurkan melalui SUTT 150 kV Bolok-Tenau tersebut.

Manager PT PLN UIW NTT Agustinus Jatmiko mengatakan pihaknya segera memindahkan perlengkapan hubung bagi (PHB) yang saat ini berada di Tenau ke Kuanino untuk selanjutnya dikoneksikan di Gardu Induk Tenau.

“Beban yang tadinya dari Kuanino, nanti kita bisa alihkan ke Tenau untuk pelanggan di Kota Kupang tetapi jalurnya melalui kubikel 20 kV,” ujarnya.

Sementara itu, PLN UIP Nusra juga masih akan masih menyelesaikan sejumlah proyek pada tahun depan antara lain pembangunan PLTU Timor, SUTT Panaf-Naibobat, dan Maulafa-Naibonat.

Baca Juga :  150 Keluarga di Tuamese TTU Mulai Menikmati Listrik PLN

“Kita juga melakukan pembangunan PLTU Reok dan PLTP di Flores, Mataloko, Ulumbu dan Atadei. “PLN tetap menunjukkan komitmen bersama stakeholder untuk investasi dan kemajuan daerah serta menjaga kelistikan makin handal,” ujarnya. (*/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *