Hasil Audit OJK dan KAP, Bank NTT Pertahankan Status Bank Sehat

  • Whatsapp
Media Gathering Bank NTT/Foto: lintasntt.com

Kupang – Bank NTT berhasil mempertahankan status ‘Bank Sehat’ selama selama tiga tahun berturut-turut yakni dari 2021-2023.

Hasil audit terakhir yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kantor Akuntan Publik (KAP) sama-sama menempatkan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur sebagai bank sehat.

“Dalam operasional bank selama 2023, secara periodik diaudit oleh KAP yang kita tunjuk berdasarkan keputusan RUPS, maupun oleh OJK dan auditor negara lainnya,” kata Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho dalam Media Gathering yang dihadiri puluhan wartawan di Hotel Sahid Tmore Kupang, Jumat (28/12/2023) sore.

Tidak hanya itu, menurut Riwu Kaho, Bank NTT juga diaduit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kantor Perwakilan NTT. “Hasil audit yang dilakukan terutama oleh OJK dan KAP memberikan komposit tingkat kesehatan kita sejak Desember 2021 hinga Juni 2023 memiliki tingkat kesehatan yang sehat,” jelasnya.

Menurutnya, pencapaian itu tidak terlepas dari strategi yang diterapkan Bank NTT dalam mereview, melakukan evaluasi hingga menemukan solusi dalam tata kelola diterapkan Bank NTT.

Prestasi Bank NTT Selama 2023

Adapun hasil-hasil kerja yang dilakukan Bank NTT termasuk seluruh kantor cabang, mitra, pemerintah dan pihak lainnya telah mengantar Bank NTT memperoleh pengakuan dan penghargaan dari berbagai pihak.  Berikut 9 penghargaan yang diraih Bank NTT selama 2023:

1. Paritrana Award : Juara 1 kategori Perusahan Berskala Besar, Sektor Keuangan dan Perdagangan & Jasa, diinisiasi oleh Kemenko PMK, Kemenakertrans, Presiden, dan BPJS Ketenagakerjaan.

2. Penghargaan, sebagai Orang Tua Asuh Bayi/Balita Stunting di Kota Kupang Tahun 2023″ dari Pemerintah Kota Kupang.

3. Piagam Penghargaan “Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023” dari Komisi Informasi Provinsi NTT kepada Bank NTT sebagai Badan Publik “Menuju Informatif” dari Komisi Informasi Provinsi NTT (KIP NTT).

4. Piagam Penghargaan sebagai Mitra Terbaik Kerjasama Sponsorship terbanyak dari TVRI NTT.

5. “Certificate ISO27001:2013” oleh Mr. Mike Bruinsma-President Director PT SGS Indonesia di kantor PT SGS Indonesia.

6. Penghargaan Infobank Top 100 CEO & The Next 200 Leader 2022 bertajuk The Inspiration from Successful Leaders in Crisis.

7. Penghargaan Platinum Award The Best IT for Public Company 2023 dengan predikat Very Excellent (Platinum) untuk kategori Bank BPD, oleh Economic Review bekerjasama dengan Universitas Prasetya Mulya.

8. Penghargaan “Lembaga Keuangan dengan Transformasi Bisnis Berbasis Digital” oleh Pos Kupang Awards 2023.

9. Penghargaan Digital Banking Award 2023 dari Bisnis Investortrust bekerjasama dengan intelectual Business Community (IBC) untuk kategori Dimensi kolaborasi.

Menurutnya, masih banyak pencapaian kerja bersama yang dilakukan Bank NTT di Tahun 2023, yang tentunya guna memenuhi harapan pemilik bank ini serta harapan berbagai pihak yakni Para Pemegang Saham, OJK, Bank Indonesia, Mitra Bisnis Bank NTT dan masyarakat. (gma)

 

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.