Elektabilitas 59%, Jonas-Nikolaus Bakal Menang

  • Whatsapp
Jumpa Pers Indo Barometer di Kupang, Minggu (27/11). Foto: Gamaliel

Kupang–Elektabilitas pasangan calon wali kota Kupang Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus jauh di atas pasangan Jefirstson Riwu Kore-Hemanus Man.

Sesuai hasil survei terbaru Indo Barometer yang diumumkan dalam jumpa pers di Kupang, Minggu (27/11/2016), elektabilitas pasangan dengan tagline ‘Sahabat’ ini sebesar 59%, sedangkan elektablitas pasangan Jefirstson Riwu Kore-Hemanus Man (FirManmu) sebesar 32,5%.

Read More

Sedangkan responden yang belum memutuskan 2%, tidak tahu 0,5%, dan rahasia sebesar 6%.

Survei Indo Barometer tersebut digelar mulai 10-16 November 2016 melibatkan 400 responden di seluruh kecamatan.

Metode penarikan sampel yang digunakan ialah multistage random sampling dengan margin error plus minus 5% pada tingkat kepercayaan masyarakat 95%. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.

“Kalau responden yang belum memutuskan, rahasia, dan tidak tahu dengan angkanya kecil seperti ini agak susah terjadi perubahan secara signifikan,” kata Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli.dalam jumpa pers tersebut.

Hadi yakin 100% dengan data yang diperoleh dari hasil survei tersebut. “Dengan data-data yang ada, seandainya pilkada dilaksanakan hari ini, kita yakin 100 persen Jonas-Nikolaus menang,” ujarnya.

Tingginya elektabiltas Jonas-Nikolaus antara lain didukung oleh kepribadian Jonas Salean yang meliputi jujur, pintar, berwibawa dan dekat dengan rakyat mencapai 84,1%, sedangkan prosentase kepribadian Jefirstson Riwu Kore sesuai hasil survei 70,9%.

Dukungan lainnya ialah terkait kemampuan. Sesuai hasil survei, rata-rata kemampuan Jonas Salean 80,6%, sedangkan rata-rata kemampuan Jefirstson Riwu Kore 66%. Kategori aspek kemampuan meliputi mampu mengatasi masalah ekonomi secara umum, mampu mengatasi masalah keamanan, mampu mengatasi masalah hukum, dan mampu mengatasi masalah sosial. (gma)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.