Tahun Depan, Penggandaan Soal UN Diserahkan ke Daerah

  • Whatsapp
M NUH
M NUH

DENPASAR–LINTASNTT.COM: Ujian Nasional (UN) tahun 2014 akan diserahkan ke daerah dengan mekanisme teknis akan diatur lebih lanjut dalam prosedur operasional standar (POS) yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan.

Demikian diungkapkan Mendikbud Mohammad Nuh di sela-sela kunjungan pelaksanaan Kurikulum 2013 ke sejumlah sekolah di Denpasar Bali, Sabtu (23/11).

“Nanti POS akan disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan penggandaan kemungkinan akan dibagi beberapa region, satu regional akan bertanggung jawab untuk beberapa provinsi,” kata Mendikbud.

Ia menambahkan penggandaan soal yang diserahkan ke daerah tersebut setelah mempertimbangkan masukan dari hasil Konvensi UN di sejumlah provinsi beberapa waktu lalu yang salah satunya mengharapkan agar penggandaan soal diserahkan kembali ke daerah. “Selain itu, pertimbangan lainnya terkait dengan masalah keamanan dan antisipasi jika terjadi masalah dapat diminimalisasi,” tambahnya.

Baca Juga :  Pemkab Rote Ndao Diminta Bangun Taman Budaya

Lebih lanjut Nuh mengatakan peraturan menteri untuk pelaksanaan UN 2014 untuk tingkat SMP/Mts dan SMA/SMK/MI sudah terbit melalui Permen Nomor 97 Tahun 2013. Terkait dengan waktu pelaksanaan UN 2014, Mendiknas mengatakan UN diselenggarakan pada tanggal 14 April 2014 setelah pelaksanaan pemilu berlangsung. “Kami ingin menyelenggarakan UN dalam suasana tenang setelah pelaksanaan pemilu selesai agar siswa pun dapat berkonsentrasi penuh,” katanya saat berkunjung ke SMA Negeri 1 Kuta.

Menyinggung soal standar kelulusan, Mendikbud mengatakan ada kemungkinan masih pada angka 5,5 derajat kesulitan soal ditingkatkan. Pada tahun ini, kata dia, proporsi tingkat kesulitan soal adalah 10% mudah, 70% sedang, dan 20% sukar.

“Masih belum, akan kami matangkan bersama dengan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Pemikiran untuk meningkatkan ada dengan kemungkinan tingkat kesulitan,” tutupnya. (Sumber: Metrotvnews.com)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *