Kolaborasi Kadin-PHRI dan Pemrprov NTT Hadir di World Travel Market London

  • Whatsapp
Foto: Kadin

Kupang – Dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II PHRI Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ketua Umum Kadin diundang sebagai key speakers bersama Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur serta Sekjen PHRI Pusat bersama Traveloka dan Bisnet di Kupang, 5-16 September 2023

Di dalam pemaparannya, Ketua Kadin NTT Bobby Lianto menyampaikan penguatan kerjasama, kolaborasi Kadin atau kamar dagang dan industri bersama PHRI.

Read More

Bobby Lianto menyampaikan sesuai dengan Undang-undang nomor satu tahun 1987 bahwa Kadin adalah satu-satunya organisasi mewakili dunia usaha sebagai organisasi payung yang mewadahi semua bidang organisasi perdagangan dan industri, bidang usaha. Maka PHRI juga adalah salah satu otomatis menjadi anggota luar biasa dari Kadin.

Dan untuk itu Bobby Lianto menyampaikan bahwa hubungan dengan kolaborasi ini Kadin dapat mengkoordinasikan semua organisasi bidang usaha terkait di industri pariwisata ataupun yang mendukung dengan industri pariwisata karena semua organisasi tersebut di bidang perdagangan dan industri adalah di bawah Kadin.

Untuk itu, Bobby Lianto juga menyampaikan salah satu program yang yaitu mempromosikan NTT. Dalam pemaparannya, Bobby Lianto menyampaikan satu kabar baik tentang World Travel Market (WTM) yang akan dilaksanakan tanggal 6-8 November 2023di London.

Sebenarnya pada 2019 NTT mengukir satu sejarah pernah melakukan pameran dengan memiliki boot 400 meter persegi atas nama NTT atau Exotic NTT, semua boot rata-rata adalah dari negara masing-masing sehingga sempat dipikir orang bahwa Exotic NTT ini adalah negara tersendiri karena Indonesia sendiri sudah memiliki boot.

Tetapi hasilnya sebenarnya sangat luar biasa, hasilnya banyak penjualan terjadi, tetapi karena ada Covid maka pada saat itu pariwisata cukup terpukul.

Sudah beberapa tahun kita tidak mengikuti WTM. Bobby Lianto selaku Ketua umum Kadin kemudian menginisiasi mengubungi berkoordinasi dengan Kepala Dinas, Bapak Seth tentang WTM tersebut dan beliau menyampaikan dari sisi anggaran. yang terbatas, maka NTT tidak bisa menikuti kegiatan tersebut. Kemudian tetapi Ketum Kadin NTT ini mengambil langkah cepat untuk segera mengambil stun, promosi di dalam stand Indonesia yang dikoordinir oleh Kemen Parekraf untuk menyelamatkan NTT harus ada di dalam pameran tersebut.

Bobby Lianto menyampaikan bahwa beliau sendiri pribadi memang bukan di bisnis pariwisata, tetapi bagi dia NTT tidak boleh kosong dan tidak dipromosikan. Maka dari itu saya mengambil tindakan cepat untuk membooking dan mengambil minimal satu meja untuk dan satu kontor di pameran tersebut agar NTT dapat dipromosikan di sana.

“Untuk itu saya mengajak juga mengundang ini menjadi konter Kadin NTT dan PHRI NTT yang menjadi konter bersama kita sebut dengan NTT, atau kita eksotik NTT. Maka dari itu saya mengajak teman-teman PHRI dan juga semua industri pariwisata mari kita bisa meramaikan atau hadir sebagai visitor dan juga kita bisa sambil menjualkan dan mempromosikan NTT di mata dunia lewat World Travel Market London tanggal 6-8 November,” ucap Bobby Lianto.

Seperti ketahui World Travel Market London adalah pusat pameran terbesar travel agent sedunia, di mana ini adalah market terbesar setiap tahunnya seluruh pemain travel agent, semua itu pemain pariwisata itu datang berkumpul dan juga memperkenalkan dan menjual serta membeli paket-paket tour di WTM London ini. Ada dua yang terbesar yaitu WTM dan ITB Berlin.

Dan ini adalah satu kabar baik bagi industri pariwisata, khususnya NTT bahwa kita tidak lagi, kita bisa ikut di dalam pameran World Travel Market.

“Saya juga berterima kasih kepada ketua PHRI, NTT yang mendukung sehingga kita bisa bersama-sama memamerkan Nusa Tenggara Timur di WTM London,” ujarnya. (gma)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.