Telan APBN Rp189 Miliar, Proyek IPA Kali Dendeng Rampung 2022

  • Whatsapp
Wali Kota Kupang Jefirstson R. Riwu Kore meninjau proyek pembangunan SPAM Kali Dendeng. Foto: Humas Kota Kupang

Kupang – Wali Kota Kupang Jefirstson R. Riwu Kore kembali meninjau proyek pembangunan SPAM Kali Dendeng di Kelurahan Fontein, Rabu (9/6/2021).

Wali Kota Kupang didampingi Asisten Administrasi Umum Sekda kota Kupang, Yanuar Dally dan PPK Air Minum Wilayah I, Yasinta Mbake.

Selain melihat IPA Kali Dendeng, Wali Kota dan rombongan juga melihat langsung proses pembangunan 2 reservoir yang sementara di bangun di Kelurahan Penkase Oeleta dan satu reservoir di Kelurahan Manutapen. Tak hanya itu, di lokasi yang berdekatan, ada juga pembangunan Kantor SPAM yang menjadi pusat teknis instalasi pengelolaan air (IPA) di Manutapen.

KPA Proyek SPAM Kali Dendeng yang juga PPK Air Minum Wilayah I, Yasinta Mbake menjelaskan bahwa, progres pembangunan IPA dan SPAM Kali Dendeng sudah mencapai 25%, bahkan menurutnya, SPAM Kali Dendeng paling cepat akan beroperasi pada 2022.

Baca Juga :  Gus Menteri Apresiasi Warga Rela Tinggalkan Kampung Halaman Demi Transmigrasi

SPAM Kali Dendeng yang bakal dijadikan salah satu pengolahan sumber air baku di kota tersebut, dipastikan akan menjawab kebutuhan air bersih sebanyak 150 liter per detik. Oleh sebab itu, Dia berharap masyarakat sekitar lokasi tersebut bisa memahami dan menerima aktivitas pembangunan yang sementara berjalan.

“Mohon dukungan dari bapak ibu masyarakat setempat agar mendukung pembangunan ini,” ungkapnya.
Yasinta juga menambahkan, dari kontrak kerja yang disepakati bersama antara pemerintah PT Nindya Tirta,  pekerjaan SPAM Kali Dendeng ini akan diselesaikan pada 26 Desember 2021.

Sementara itu Wali Kota Kupang menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah menjawab dan melaksanakan pembangunan IPA Kali Dendeng yang juga paketan langsung dengan sistem pengelolaan airnya, menurut mantan anggota DPR RI dua periode ini, proyek tersebut adalah bagian dari menjawab jeritan warga Kota Kupang.

Baca Juga :  KM Sirung Angkut 200 Pemudik Karam di Flores Timur

Jeriko melanjutkan bahwa SPAM Kali Dendeng dibangun dengan anggaran pemerintah pusat dengan kapasitas air untuk tahap pertama 150 liter per detik dengan dana Rp189 miliar bersumber dari APBN.

“Proyek ini terjawab karena kita selalu bertemu Pak Jokowi dan selalu menyampaikan kebutuhan utama masyarakat Kota Kupang adalah air bersih, ini adalah hasil dari koordinasi kami ke pemerintah pusat, saya selalu menyampaikan ini dalam berbagai kesempatan ketika bertemu bapak presiden,” ucapnya. (PKP_sny)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *