Jaringan Listrik PLN Berlanjut Terangi Desa dan Dusun di Flores

  • Whatsapp
Listrik Masuk Desa di Manggarai Timur

Kupang – Selama bulan Juni tahun 2024, langit di ujung Pulau Flores mulai bersinar lebih terang dengan cahaya listrik, menyinari kehidupan masyarakat setelah bertahun-tahun hidup dalam keterbatasan energi.

PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Flores berperan dalam pencapaian ini dengan menyediakan listrik bagi 2 dusun dan satu desa. Perubahan ini tidak hanya mengubah panorama fisik, tetapi juga mengubah kehidupan masyarakat yang sebelumnya bergantung pada cahaya alam.

Dengan capaian ini, wilayah yang sebelumnya gelap gulita kini terang benderang dengan cahaya listrik. 2 dusun dan 1 desa yang berhasil dilistriki PLN ini berada di Kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

Dua dusun tersebut terletak di Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur yakni Dusun Rokat dan Kampung Watu Kodi Dusun Nangarawa, Desa Bamo, serta Desa Golo Lujang, Kecamatan Boleng Kabupaten Manggarai Barat.

Manajer PLN UP2K Flores, Albertus Koko menyampaikan rasa senang dan bahagianya. “Saya sangat senang dengan pencapaian yang telah dilakukan oleh seluruh tim dengan dibantu oleh peran serta seluruh elemen Pemerintah Daerah dan Masyarakat Desa Golo Lujang, Masyarakat Dusun Rokat dan Kampung Watu Kodi sehingga perluasan jaringan listrik ini dapat diselesaikan dengan lancar. Kami berharap dengan hadirnya listik ini dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan kualitas hidup serta mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.”

Di balik kesuksesan pembangunan jaringan listrik tersebut, terdapat kisah-kisah yang mengharukan dan pengalaman hidup dari masyarakat setempat yang kini menikmati kehadiran listrik di rumah mereka.

Salah satunya adalah Mama Jo, seorang ibu rumah tangga dari Kmp. Watu Kodi. “Kami sangat bahagia, inilah hari yang kami tunggu kami selama ini terlalu rindu. Akhirnya hari ini masuk jaringan listrik dan kami meminta maaf apabila ada salah pada setiap pekerja. Terimakasih kepada PLN UP2K Flores yang beberapa kali sudah datang memberi dukungan pada kami hingga aliran listrik bisa masuk seperti hari ini,” ucapnya dengan haru.

Sementara itu, di Kampung Watu Kodi, warga bernama Dinosius menyampaikan betapa besar dampak positif dari kehadiran listrik terhadap perkembangan desanya.

“Kami merasa senang, karena selama ini apa yang kami nanti-nantikan sudah didepan mata dan kami bersyukur serta berterima kasih kepada pihak PLN yang sudah membangun jaringan listrik di wilayah kami. Kami bisa beraktivitas lebih panjang dimalam hari,” ungkap Kodi. (*)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.