HMI Cabang Kupang Komisariat FISIP Undana Gelar Pelatihan Jurnalistik

  • Whatsapp
Pelatihan Jurnalistik/Foto: Nita Sari

Kupang – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kupang Komisariat FISIP Undana, menggelar pelatihan jurnalistik selama tiga hari mulai 25-27 Agustus 2023.

Pelatihan yang berlangsung di Graha Insan Cita Flobamorata(GICF), Jalan Bunda Hati Kudus, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu bertajuk “ Terbinanya Insan Pers Kreatif, Kritis, dan Terampil Dalam Dunia Jurnalistik Guna Menjawab Tantangan Zaman di Era Digital “.

“Era globalisasi dan keterbukaan informasi sudah tidak dapat dipungkiri memberi dampak bagi banyak aspek kehidupan kehidupanmanusia tidak terkecuali bidang jurnalistik. Jurnalis dapat pula disebut sebagai khalifah dalam ruang publik, artinya kader HMI harus bisa menjadi advokad dan mampu menyuarakan aspirasi masyarakat, tentunya harus sesuai dengan kode etik jurnalis,” tutur Sri

Ketua Panitia Pelaksana, Sri Sulastri Hamsa, Jumat ( 25/8) menuturkan, kegiatan Jurnalistik menjadi kegiatan tahunan yang diselenggarakan sekali dalam setahun dan diikuti oleh 6 komisariat di HMI Cabang Kupang , Ada Komisariat Fisip Undana, Komisariat Hukum Undana, Komisariat Widyarman, Komisariat Ippertatek Komisariat KIPMAUndana dan komisariat K.H Ahmad Dahlan.

Sri menyebutkan, dalam pelatihan ini para peserta dibekali pengetahuan dan ketrampilan di bidang Jurnalistik oleh narasumber handal mumpuni baik dari Pemred Media Online Timor Express, Senior HMI, Ketua Tim Berita Harian TVRI, Fotografer dan Para Dosen Komunikasi Undana.

“Pelatihan jurnalistik merupakan program kerja rutin yang dimulai dari masa ketua umum Ayunda Nur Sabrina Umar. Kegiatan Jurnalistik digagas untuk menjemput arus globalisasi di era sekarang di mana media dan lain sebagainya dapat menentukan setiap tingkah laku dan perbuatan manusia hari ini sehingga kami merasakan perlu bahwa jurnalistik merupakan satu brand bagi Komisariat FISIP undana yang sekiranya dapat memompa pikiran kita atau dapat memberikan satu pemahaman yang lebih kompleks terkait dengan dunia hari ini yang dibumbuhi oleh lajunya perkembangan,” jelas Arif Ulumando, Ketua Umum HMI Cabang Kupang Komisariat Fisip Undana.

Arif melanjutkan, orientasi jurnalistik bergerak berdasarkan quovadisofjournalism-nya, dimanaquovadis tersebut dapat memberikan petunjuk teknis maupun hal-hal yang mengarahkan seseorang untuk mencari informasi, menggali informasi, dan bahkan bisa membuat satu informasi yang sekiranya penting untuk dikonsumsi.

Pelatihan jurnalistik menjadi salah satu program besar dari HMI Cabang Kupang Komisariat Fisip Undana

“Maka kita menginginkan hal ini bukan menjadi satu rutinitas tahunan bahwa perkaderan HMI baik secara formal, maupun informal itu bukan bagian dari skenario kita untuk menjalankan rutinitas tahunan yang sudah kita agendakan, tetapi yang kita lakukan adalah menjawab tugas sejarah sekaligus menjawab panggilan kemanusiaan,“ ucap Amir S. Kiwang Senior HMI Fisip Undana.

“Kalau ini hanya dilakukan karena untuk memenuhi rutinitas tahunan, maka kita hanyasampai pada titik flashbackromantismestory,” tegas Amir

Dalam sambutan Ketua Umum HMI Cabang Kupang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Bidang Pembinaan Aparat Organisasi, Muhammad Rabi Rasyid.

Dengan adanya pelatihan jurnalistik ini, menjadi wadah bagi para kader untuk mampu menyuarakan suara-suara masyarakat,selain itu jurnalistikini dirasa perluagar komunikasi yang dibangundapat menghasilkan suatu kerja jurnalis yang efisien. (nita/jurnalis warga sasando)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.