Abu Gunung Sangiang Sudah Landa 6 Kabupaten di NTT

  • Whatsapp
Gunung Sangiang
Gunung Sangiang

Kupang—Lintasntt.com: Hujan abu yang berasal dari letusan Gunung Sangiang di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah melanda enam kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (31/5).

Kabupaten yang terakhir terkena abu yakni Sumba Tengah dan Sumba Timur. Sebelumnya hanya empat kabupaten yang terkena abu vulkanik yakni Manggarai Barat, Sumba Barat, Manggarai, dan Sabu Raijua.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Nusa Tenggara Timur Tini Thadeus mengatakan pihaknya telah memerintahkan warga mengenakan masker guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. “Kami sudah instruksikan kepada seluruh BPBD di kabupaten yang terkena abu vulkanik agar segera membagikan masker kepada masyarakat,” kata Tini.

Di tempat terpisah, Head Commercial Support Maskapai TransNusa Budhi Karsidin mengatakan pihaknya telah menerima izin untuk terbang ke Bandara Tambolaka di Sumba Barat pada Minggu (1/6). Akan tetapi izin tersebut hanya berlaku sejak pagi hingga pukul 13.00 Wita.

Baca Juga :  Gubernur NTT Naik Kapal Perang Beri Nama untuk 6 Pulau

Pembatasan itu bertujuan mengantisipasi angin yang bertiup membawa debu vulkanik gunung tersebut. Adapun penerbangan ke Bandara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur tetap berjalan sesuai jadwal pesawat. (gba)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *