Way2East Gelar Festival Anventure Indonesia di Alor

  • Whatsapp
Marica, Alor. Foto: Zoom Alor
Marica, Alor. Foto: Zoom Alor

Kupang–Lintasntt.com: Sebanyak 105 orang telah mendaftar untuk mengambil bagian dalam even tahunan Festival Adventure Indonesia (FAI) 2015 yang digelar Way2East Indonesia.

Tahun ini even internasional tersebut digelar di Kabupaten Alor mulai 15-20 September 2015 melibatkan peserta dari Indonesia dan luar negeri seperti Singapura, Australia, dan Spanyol.

Chief Executive Officer FAI, Adi Gerimu mengatakan keindahan terumbu karang, alam bawah laut dan panorama pegunungan Alor mendorog Way2East Indonesia menjadi daerah ini sebagai tuan rumah.

Kegiatan ini memiliki empat tujuan yakni mendorong wisatawan datang ke alor, mempercepat perkembangan wisata, mempersiapkan Alor sebagai daerah tujuan wisata baru, dan mengajak masyarakat setempat menjadi bagian dari perkembangan wisata.

“Ini festival kedua setelah festival pertama di Kabupaten Lembata tahun lalu,” kata Adi dalam jumpa pers di Kupang,
Jumat (31/7). Tahun lalu, festival Adventure Indonesia di Lembata diikuti 120 peserta terdiri dari pendaki gunung, fotografer dan peserta festival budaya.

Baca Juga :  Kapal Pesiar 'Coral Adventurer' juga Ditolak di Lembata

Ia mengatakan target peserta yang mengikuti festival di Alor juga mencapai 200 orang atau lebih besar dari peserta yang mengikuti festival di Lembata. Even ini terdiri dari diving, trekking, cycling, photography hunting, dan culture tour.

Untuk Cycling misalnya, peserta akan mengayuh sepeda mulai dari Kalabahi, ibu kota Kabupaten Alor melewati jalanan berkelok di antara perbukitan sejauh 100 kilometer, yaitu menuju Pantai Mali-Batu Putih-Kokar-Alor Timur-kembali ke Kalabahi kemudian menuju Takpala.

Adapun Trekking, peserta akan melakukan pendakian ke Gunung Sirung di Pulau Pantar. Gunung setinggi 840 meter dari permukaan laut menyimpan panorama alam yang menakjubkan. Menurut Adi, sebelum melakukan pendakian, peserta akan berkumpul di Desa Mauta di kaki gunung.

Baca Juga :  Perjalanan Wisata Tanpa Ketentuan Karantina Memicu Peningkatan Pesat Minat Berlibur di Asia Pasifik

“Peserta akan menerobos semak, menyusuri jalan setapak berpagar ilalang dan jalan berbatu menuju puncak gunung,” ujarnya.

Bupati Alor Amon Djobo mengatakan Festival Adventure Indonesia akan digelar bersamaan dengan Festival Bahari Alor 2015. Festival ini meliputi antara lain menghidupkan kembali upacara adat Pohari upacara atau pemberian sesajen kepada roh-roh laut, dan upacara kemenangan perang adat Gala Soro, serta kunjungan ke berbagai obyek wisata bahari.

Dua upacara tersebut menurut Dia, nyaris punah karena sudah ditinggalkan selama ratusan tahun.

“Ada 100 kapal akan mengangkut masing-masing kepala suku mengenakan pakaian adat berbaris di pantai Sebanjar, Alor,” ujarnya. (sumber: mi/palce amalo)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *