Waspada, Tiga Gempa Kuat Guncang Sumba

  • Whatsapp
Ilustrasi

Kupang – Tiga gempa kuat menguncang Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (8/8) malam.

Gempa pertama terjadi pukul 18.17 Wita dengn magnitudo (M) 5,0, disusul dua gempa dengan magnitudo 5,5 pada pukul 18.23 Wita dan Pukul 18.45 Wita.

Read More

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan selisih waktu gempa kedua dan ketiga dengan gempa pertama lima menit dan 28 menit. Sampai pukul 19.00 Wita tercatat 112 kejadian gempa susulan.

Ketiga episenter gempa berlokasi di laut arah barat daya Waikabubak, ibu kota Kabupaten Sumba Barat, pada kedalaman 10 kilometer, gempa tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga :  Pelajar Kota Kupang Terima Paket Kuota Belajar 10 GB Rp10 dari Telkomsel

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Tambolaka IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Waingapu, Waikabubak III-IV MMI, Labuan Bajo, Bima, Dompu III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu),” kata Rahmat Triyono lewat keterangan tertulis.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi kerak benua di dasar laut. Hasil analisis mekanisme sumber ketiga gempa bumi tersebut, menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. (gma/rilis)

Baca Juga :  El Jalani Swab Kedua, Hasilnya Belum Keluar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *