Waspada, Permukaan Air Danau di Sikumana Naik Setiap Hari

  • Whatsapp
foto: lintasntt.com

Kupang – Warga menyebutkan permukaan air danau yang muncul pasca siklon seroja di i RT 14 RW 06 Kelurahan Sikumana, Kota Kupang, naik 5 sentimeter (cm), Senin (19/4/2021).

Yeri, warga setempat mengatakan permukaan air danau naik setiap hari. “Saya tempatkan mistar di pinggir danau, setiap hari air naik sebanyak lima sentimeter,” kata Yery, warga setempat.

Read More

Permukaan air danau terus naik karena mendapat pasokan air dari 8 mata air yang muncul pasca badai, termasuk satu mata air yang berada di tengah danau.

“Jadi total ada sembilan mata air yang menyuplai air ke danau termasuk beberapa mata air kecil,” ujarnya.

Baca Juga :  Calon Anggota DPD Martinus Siki Optimistis Menang

Yeri mengatakan mata air yang berada di tengah danau sudah ada sebelum badai, yang airnya dimanfaatkan warga untuk mengairi tanaman seperti buncis, sawi, dan tanaman lainnya.

Menurutnya, lokasi yang tergenang tersebut merupakan kebun yang diolah oleh puluhan keluarga. Mereka menanam berbagai sayuran. Adapun Yeri menanam mangga, pisang, dan tanaman lainnya. “Sekarang semua tamanan itu terendam air,”ujarnya,

Ketinggian air di tengah danau diperkirakan mencapai 40 meter, sedangkan di pinggir danau antara 3-4 meter. “Danau ini berbentuk kuali, di bagian tengah sangat dalam,” katanya. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *