Waspada Cuaca Ekstrem di NTT 21-23 Februari

  • Whatsapp
Ilustrasi Angin Kencang/Foto: Feldavoice

Kupang – BMKG Stasiun El Tari Kupang mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah NTT mulai 21-23 Februari 2022.

Sesuai rilis yang diterima dari BMKG, disebutkan dalam periode 24 -72 jam ke depan terjadi peningkatan intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

Kepala Stasiun Meteorologi Kupang Agung Sudiono Abadi minta masyarakat mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang melanda Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Ende, Nagekeo, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu, Malaka, TTU, dan TTS.

Selain itu, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Baca Juga :  PLN Siap Dukung Era Kendaraan Listrik

Masyarakat juga dihimbau agar tidak panik namun tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, dan sambaran petir.

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing patut waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang terjadi dalam durasi yang panjang.

Sesuai hasil analisis dinamika atmosfer dan laut, terpantau aktif gelombang equatorial Rossby di wilayah NTT dan suhu muka laut yang cukup hangat serta adanya sirkulasi siklonik di Laut Arafuru yang menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan dan belokan angin di wilayah NTT.

Baca Juga :  Bersama JNE, UMKM Kupang Kupas Strategi Kembangkan Bisnis Di Era Digital

Gabungan dari kondisi tersebut didukung pula dengan kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas sehingga mampu meningkatkan potensi terjadinya hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. (bmkg)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *