Warga NTT Kecewa Kapal Kupang-Sorong Dialihkan ke Surabaya

  • Whatsapp
KM Nggapulu Melintas di Selat Gonzalu antara Flores Timur dan Adonara 18 Mei 2016/Foto: Gamaliel Amalo

Sorong–Warga NTT yang akan berlibur pada Ramadan kali ini kecewa lantaran satu-satunya kapal yang melayani dari dan ke Kupang-Sorong harus dialihkan ke Surabaya tanpa kapal pengganti.

Padahal, kapal tersebut sangat dibutuhkan karena biaya menggunakan pesawat atau jika harus melalui Makassar sangat mahal.

Read More

Seharusnya, jika ingin memindahkan jalur kapal harus diusahakan kapal sedang yang bisa menggantikan Kapal Motor (KM) Nggapulu. Setidaknya dicarikan opsi kebijakan lain yang bisa melayani penumpang meski rute yang ditempuh bakal lebih panjang.

Pasalnya, sejumlah kapal ke Sorong via Makasar juga sudah penuh. Akibatnya, para penumpang dari dan menuju Sorong-Kupang terancam tidak jadi berlibur atau pulang kampung.

Baca Juga :  Polemik Taksi Online, Komisi V DPR Siap Revisi UU Angkutan Jalan

“Kami kecewa dengan tindakan sepihak dari Pelni, dalam hal ini Kementerian Perhubungan, yang membatalkan Kapal Nggapulu dari dan ke Sorong-Kupang,” keluh Agus Jehurung, salah seorang tokoh pemuda asal NTT.

Selain itu, kebijakan pengalihan tersebut juga tidak disosialisasikan lebih dulu oleh Pelni sehingga sangat mengecewakan bagi calon penumpang.

Untuk itu, ke depan perlu ditambah kapal Pelni agar jangan terulang dengan perpindahan jalur kapal Pelni, tanpa memperhitungkan kerugian bagi warga yang sangat membutuhkan alat transportasi murah dan terjangkau. (sumber: MI/Martinus Solo)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *