Undana Terima 7.169 Mahasiswa Baru

  • Whatsapp
Rektor Undana Fredrik Benu/Foto: Gamaliel

Kupang–Universtias Nusa Cendana (Undana) Kupang menerima 7.165 mahasiswa baru tahun ajaran 2016/2017.

Rektor Undana Fredrik Benu mengatakan jumlah mahasiswa yang diterima tahun ini meningkat dari mahasiswa yang diterima pada tahun ajaran sebelumnya sebanyak 4.196 orang.

Read More

Ribuan mahasiswa itu diterima melalui tiga jalur seleksi yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 2.414 orang, diluncurkan sejak 15 Januari lalu.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2.414 orang, dan Seleksi Mandiri 1.207 orang. Total mahasiswa yang diterima melalui tiga jalur ini 6.035 orang. Sisanya diterima melalui seleksi penerimaan program studi di luar domisili yakni kabupaten Ngada sebanyak 650 orang, dan Kabupaten Sumba Barat Daya 570 orang.

Baca Juga :  Kapal Tengelam di Fatuleu Barat, 2 Nelayan asal Oebelo Hilang

Proses pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) tanggal 18 Januari-20 Februari 2016, pendafaran 29 Februari-12 Maret 2016, dan proses seleksi 24 Maret-8 Mei 2016.

Ia mengatakan SNMPTN memberikan kesempatan pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Madrasah Aliyah (MA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) termasuk Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri yang memiliki prestasi unggulan menempuh pendidikan tinggi.

Selain itu memberikan peluang kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi. Sedangkan SBMPTN bertujuan menyeleksi calon mahasiswa yang di prediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik serta memberi peluang bagi mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Baca Juga :  Jatuh dari Sepeda Motor, Perwira TNI AL Kupang Kritis

“Saya berharap agar seluruh calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi negeri agar dapat mempersiapkan diri untuk dapat mengikuti tes masuk di tahun 2016 ini atau mengunjugi situs www.sbmptn.ac.id.

Pemerintah juga menyiapkan program bidikmisi yaitu program bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh studi di perguruan tinggi. (rr)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *