Tingkatkan Rasio Desa Berlistrik, PLN Listriki Satu Desa di Lembor

  • Whatsapp
Foto: PLN

Manggarai Barat – Komitmen PLN  melistriki desa dan dusun masih terus berlanjut di tahun 2024. PLN UIW NTT melalui PLN (Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Flores berhasil melaksanakan komisioning test jaringan listrik Desa Ngancar, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat.

PLN UP2K Flores berhasil melaksanakan komisioning test dengan panjang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 6,62 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 7,30 kms, dan 3 Unit Gardu dengan kapasitas 150 kVA.

Pada komisioning tes jaringan listrik Desa Ngancar kali ini, sesuai pendataan bersama Pemerintah Desa Ngancar potensi pelanggan di lokasi ini sebanyak 197 KK.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (UIW NTT), I Gede Agung Sindu Putra menyampaikan komitmen PLN menyelesaikan program listrik desa sesuai dengan target yang ditetapkan.

“PLN terus berjuang untuk melistriki desa-desa khususnya di NTT, Desa Ngancar menjadi Desa terlistriki PLN tahun ini. Sosialisasi terkait proses pasang baru terus digalakan PLN, agar masyarakat mengetahui jelas prosesnya dan melakukan permohonan pasang baru sesuai prosedur yang ada,” ungkap Sindu.

Dengan masuknya listrik PLN ke pedesaan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan dengan akses penerangan, peralatan elektronik, dan informasi, dapat meningkatkan produktivitas dan ekonomi lokal dengan mendukung usaha mikro dan kecil, dan mendukung kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan genset dan bahan bakar fosil.

Dalam Program Listrik Desa, PLN bekerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat sehingga program Listrik Desa dapat diselesaikan tepat waktu dan lancar.

Sindu menyampaikan terimakasih kepada Pemerinta Daerah setempat dan masyarakat yang selalu mendukung disetiap prosesnya.

“Kami dari PLN selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat, dukungan dari seluruh elemen Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Pemerintah Kecamatan Lembor, Pemerintah Desa Ngancar dan Masyarakat Desa Ngancar yang telah mendukung proses pekerjaan di lapangan, sehingga dapat diselesaikan dengan lancar dan tepat waktu,” imbuh Sindu.

Kepala Desa Ngancar, Pankrasius Purnama mengucapkan terima kasih kepada PLN karena telah menyelesaikan pekerjaan di Desa mereka.

“Ucapan ini tentu atas masuknya listrik di Desa kami. Saya bersyukur pada saat awal sosialisasi menjadi kabar gembira karena kami sudah sangat rindu akan hadirnya listrik di Desa kami. Semenjak mekarnya Desa Ngancar kami baru merasakan listrik masuk desa. Sehingga pada hari ini juga, dilaksanakan pengetesan arus yang Puji Tuhan berjalan dengan lancar. Selama proses pekerjaan, Masyarakat Desa Ngancar sangat mendukung sehingga pekerjaan selesai tanpa hambatan dan mudah-mudahan kedepan juga Masyarakat Desa Ngancar terus mendukung program PLN,” tutupnya. (*)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.