Categories: Bisnis

Tingkatkan Ekonomi Keluarga, PLN Latih Warga Desa Kaliuda Olah Rumput Laut

Pahunga Lodu – PT PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur melalui PLN Peduli menggelar  pelatihan pemberdayaan masyarakat bagi ibu-ibu rumah tangga di Kantor Desa Kaliuda, Kecamatan Pahunga Lodu, Sumba Timur.

Pelatihan berlangsung selama 2 hari mulai 22 -23 November 2021 bertujuan untuk melatih para pengolah rumput laut skala home industry untuk produk konsumsi dan non konsumsi.

Adapun 26 peserta dibagi menjadi 3 kelompok kerja, diharapkan kelompok kerja ini dapat bekerja sama secara konstan dan dapat menjadi UMKM baru di Desa Kaliuda. Adapun pelatihan kali ini meliputi pembuatan Dodol Rumput Laut, Pembuatan Pilus Rumput Laut, dan Pembuatan Cookies Rumput Laut.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sumba Timur Markus K Windi, S. Pi melalui sekretaris Dinas Hamba Manukorung, SE menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang telah bekerja sama dalam pelatihan kali ini,

“Kami berterimakasih kepada PLN atas kerjasamanya bersama kami sehingga dapat menjangkau salah satu desa penghasil rumput laut yang jauh dari kota ini, semoga kerjasama ini dapat terus berjalan agar dapat membangkitkan ekonomi desa lainnya yang jauh dari kota,” imbuhnya.

Yani, selaku Perwakilan Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Sumba Timur menyampaikan, “Kami siap menjadi bagian dari mitra bersama sesuai motto kami PKK “Mantap”, Melayani Tanpa Pamrih. katanya

Welly salah satu peserta pelatihan mengatakan, “Saya sangat senang, ini pertama kalinya mengikuti kegiatan Pelatihan seperti ini. sangat berharap pelatihan ini dapat menjadi salah satu wadah mengembangkan potensi masyarakat dalam menopang ekonomi keluarga”. katanya

Sementara itu, Blasius Gani selaku Manager PT PLN (Persero) UP3 Sumba dalam kesempatan ini pun mengatakan, “Ibu-ibu sekalian tidak perlu kuatir setelah pelatihan ini, mitra – mitra kami siap membantu ibu-ibu sekalian. Sebagaimana setelah pelatihan ini proses evaluasi dan monitoring akan dilaksanakan bersama oleh dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumba Timur, sedangkan promosi dan distribusi produk telah menggandeng Tim PKK Kabupaten Sumba Timur untuk turut andil.

Bantuan yang diberikan diantaranya Oven/Pemanggang, Blender, Mixer, Penggorengan dan berbagai Peralatan Penunjang proses pengolahan rumput laut bagi 3 kelompok tersebut. Hingga saat ini sesuai hasil monitoring dan evaluasi peserta pelatihan masih terus melaksanakan proses pembuatan Dodol Rumput Laut, Cookies Rumput Laut, dan Pilus Rumput laut. (*/pln)

Komentar ANDA?

Canra Liza

Recent Posts

Maju Calon Wali Kota, Isodarus Lilijawa Sebut Kota Kupang Harus Dibangun dengan Spirit Orang Muda

Kupang - Sekretaris Partai Gerinda Kota Kupang, Nusa Tenggara Timu (NT) Isidorus Lilijawa mendaftar sebagai…

4 mins ago

Pansus Beber Kondisi Dana Seroja Kupang, ke APH Tunggu Pimpinan DPRD

Kupang - Pansus LKPJ Bupati dan Wakil Bupati Kupang periode 2018-2024 sudah meyampaikan laporannya ke…

6 hours ago

Rayakan Satu Dekade, Aston Kupang Gelar Donor Darah

Kupang - Aston Kupang Hotel menggelar donor darah yang terbuka untuk umum dan bekerjasama dengan…

18 hours ago

Kapal MV Da Hao Terbakar di Laut Banda, 10 Kru Selamat Dievakuasi ke Kupang

Kupang - Kapal MV Da Hao yang berlayar dari Singapura ke Australia terbakar di Laut…

19 hours ago

Heboh, Istri Cantik di Manggarai Selingkuh, Suami: Saya Mendapati Istri Saya dan Romo Berpelukan Dalam Satu Selimut

Kupang - Kasus dugaan perselingkuhan antara seorang perempuan dikenal dengan nama Mama Sindi di Desa…

22 hours ago

Kesiapan SPKLU PLN Diapresiasi Pemudik, Semua Lancar dan Banyak Fasilitas Pendukungnya

Jakarta - Kehadiran sebanyak 1.299 unit SPKLU PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik…

1 day ago