Tiba di Ende, 195 Penumpang Langsung Jalani Observasi di Stadion

  • Whatsapp
Jalani Observasi di Stadion Marilonga, Ende. Foto: dok Erik Lede

Ende–Sebanyak 195 penumpang kapal laut dan pesawat menjalani observasi di Stadion Marilonga, Ende, Sabtu (4/4).

Mereka menjalani observasi karena baru tiba dari daerah terpapar virus korona di Indonesia yakni Surabaya, Jawa Timur dan Denpasar, Bali.

“Observasi ini untuk melihat jika gejala klinis, mereka akan dipindahkan ke karantina terpusat, tetapi tentu bukan di Ende karena kita tidak ada fasilitas,” kata Wakil Ketua DPRD Ende, Erik Lede kepada Media Indonesia.

Mereka terdiri dari 147 penumpang Kapal Motor (KM) Niki Sejahtera yang tiba dari Surabaya, dan 48 orang tiba dari Denpasar menggunakan Pesawat Wings Air.

Observasi antara lain dilakukan dengan pemeriksaan suhu tubuh penumpang menggunakan thermogun. Namun sampai kegiatan observasi selesai, tidak ada penumpang yang menunjukkan gejala klinis virus korona. “Di tempat observasi, kami juga siapkan dapur umur dan makan siang,” katanya.

Baca Juga :  Covid Tidak Terkendali, Wali Kota Kupang Minta Warga Berdoa dan Puasa

Namun, para penumpang tersebut diminta menandatangani surat pernyataan yang isinya menyebutkan mereka tetap menjalani karantina mandiri di rumah selama 14 hari.

Karantina mandiri dipantau secara ketat oleh puskesmas di tempat asal penumpang tersebut setiap hari selama 14 hari. Menurut dia, kegiatan observasi terhadap warga yang tiba di Ende terus berlangsung setiap hari demi mengantisipasi penyeberan virus korona ke daerah itu. (mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *