Tetap Waspada, Kasus Mutasi Covid-19 Asal Inggris Ditemukan di Indonesia

  • Whatsapp
Ilustrasi: Shuttersstok

Jakarta – Kemenkes menemukan mutasi covid-19 asal Inggris di Indonesia. Varian baru itu ditemukan pada Senin, 1 Maret 2021.

“Tepat dalam satu tahun (covid-19) kita menemukan B117 UK mutation. Ini fresh from the oven baru tadi malam ditemukan dua kasus,” ujar Wakil Menteri Kesehatan Dante Harbuwono dalam acara bertajuk ‘Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pascapandemi’ secara virtual, Selasa, 2 Maret 2021.

Dante menyebut temuan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 462 spesimen dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini diyakini akan membuat penanganan pandemi covid-19 semakin sulit.

“Tantangan baru lebih kembangkan proses-proses berkaitan dengan riset, model penanganan lebih baik, dan studi-studi epidemiologis secara analitik karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita,” tutur Dante.

Baca Juga :  Adhyaksa Dault Terpilih Menjadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka

Indonesia genap satu tahun dilanda pandemi semenjak kasus pertama covid-19 diumumkan kepada publik, Senin, 2 Maret 2020. Saat itu, ada dua warga Depok, Jawa Barat, yang positif terinfeksi virus korona.

Kini, virus korona sudah menjangkit 1,3 juta penduduk Indonesia.Pada akhir Desember 2020, varian baru covid-19 akibat mutasi muncul di Inggris. Virus biasanya mengalami perubahan kecil saat berkembang biak dan berpindah melalui suatu populasi. Varian baru covid-19 itu telah ditemukan di Kanada, Italia, India, dan Uni Emirat Arab.

Sebelumnya para pakar kesehatan menyebut varian baru Korona dari Inggris ini besar kemungkinan sudah masuk Indonesia pada awal Februari. Hal ini dikarenakan skrining dan pengetatan pintu masuk selama ini dinilai masih longgar. (mi)

Baca Juga :  BPS NTT Akan Survei Risiko Terorisme

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *