Suhu Panas 32 Derajat Celcius Landa NTT

  • Whatsapp
Ilustrasi Suhu Panas/Foto: Potretnews

Kupang–BMKG Stasiun El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluarkan hasil pantauan kondisi atmosfer, Jumat (27/9), antara lain kenaikan suhu udara mencapai 32 derajat celcius.

Prakirawan BMKG Stasiun El Tari Kupang, Natalia Ernesta Bajo mengatakan suhu panas melanda NTT karena posisi matahari bergerak dari wilayah Katulistiwa menuju belahan bumi selatan, yang menyebabkan melemahnya angin monsun timur.

Naiknya suhu udara sebagai tanda daerah itu mulai memasuki puncak kemarau yang mengakibatkan rumput dan semak mengering dan rawan terbakar.

“Kondisi ini menyebabkan wilayah NTT memasuki musim kemarau sehingga menurunkan potensi terjadinya hujan serta meningkatkan sebaran titik panas,” ujarnya.

Sesuai laporan BMKG, suhu panas tidak melanda seluruh wilayah NTT. Suhu di Ruteng, Kabupaten Manggarai dan Bawaja, Kabupaten Ngada antara 14-26 derajat celcius. Sedangkan potensi hujan lokal terjadi di Ruteng, Borong (Manggarai Barat) dan Bajawa.

Selain suhu panas, wilayah NTT juga dilanda angin kencang bekecepatan 30-40 kilometer per jam yang dipicu munculnya tekanan rendah di wilayah Australia. Tekanan udara di wilayah Indonesia umumnya berkisar antara 1014-1017 hPa dan tekanan udara di wilayah Austraila 1013-1030 hPa.

Angin kencang melanda Pulau Timor, Rote, Sumba dan Sabu Raijua. Kelembaban udara berkisar antara 40-90%.

BMKG juga minta masyarkat mewaspadai gelombang tinggi antara 1,25 hingga 3 meter yang melanda perairan daerah itu mulai Sabtu (28/9) hingga Senin (30/9). (mi)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.