Sudah Ada 400 Kampung KB di Indonesia

  • Whatsapp
Ilustrasi

Kupang–Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sudah mencanangkan 400 kampung Keluarga Berencana (KB) di seluruh Indonesia.

Kepala Pusat BKKBN Surya Chandra Surapaty, mengatakan kampung KB berada di daerah kumuh, miskin dan banyak terdapat anak, sehingga nanti pembangunan berwawasan kependudukan dilaksanakan di tempat itu bersama warga setempat.

Read More

“Konsepnya nanti di kampung KB kita harapkan ada perubahan pembangunan manusia, juga pembangunan infrastruktur. Jadi situ akan dibuat perencanaan program kependudukan KB dan pembangunan keluarga bersama sektor terkait lainnya, seperti kesehatan, pendidikan, perumahan dan lingkungan, supaya nanti mereka akan lebih sejahtera dan berbahagia dengan dua anak cukup,”kata Surya kepada sejumlah wartawan, usai membuka kegiatan Hari Keluarga Nasional di Kupang, Rabu (27/7/2016).

Baca Juga :  KNPI Diminta Turut Perjuangkan Provinsi Kepulauan

Menurut Surya, kampung KB adalah untuk mensukseskan nawa cita yang ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat pedesaan, kemudian cita yang ke-lima adalah meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, dan cita yang ke-delapan melakukan revolusi karakter bangsa.

“Hingga saat ini sudah 400 kampung KB, bahkan mendekati target 536 kampung KB, karena satu kabupaten satu kampung KB. Bahkan direncanakan pada 2017 mendatang, satu kecamatan satu kampung KB,”tuturnya.

Surya menjelaskan, tujuan akhir dari program ini yakni menurunkan angka kelahiran total. Kalau sekarang ini laju pertumbuhan penduduk di Indonesia sebesar 1,49 persen per tahun, maka dengan program kampung KB ini diharapkan bisa menurunkan menjadi 1,2 persen hingga 1 persen. (giran/sumber: kompas.com)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *