Stasiun Klimatologi Lasiana Gelar Sekolah Lapangan Iklim

  • Whatsapp
PERSAWAHAN OEPOI
PERSAWAHAN OEPOI

KUPANG—LINTASNTT.COM: Stasiun Klimatologi Lasiana, Kupang, Nusa Tenggara Timur menggelar sekolah lapangan iklim (SLI) sebagai antisipasi perubahan iklim di daerah tersebut.

“Ini sekolah lapangan iklim tahap kedua, digelar khusus kepada petugas penyuluh lapangan. Nanti akan ada sekolah lapangan tahap ketiga yang khusus diberikan kepada petani,” kata Kepaa Stasiun Lasiana Kupang July Setiyanto di Kupang, Jumat (15/11).

Sekolah lapangan bertujuan memberikan informasi yang memadai kepada petani maupun petugas penyuluh lapangan mengenai perubahan iklim dan dampaknya terhadap pertanian. Sekolah lapangan untuk penyuluh tersebut akan digelar mulai 17-20 November mendatang, namun masih terbatas untuk penyuluh di lima kabupaten di Pulau Timor.

Dengan menggandeng penyuluh pertanian, diharapkan mereka menjelaskan kepada petani mengenai tanaman pangan yang cocok ditanam pada iklim tertentu, sehingga diharapkan memberikan dampak positif bagi petani terutama dalam penambahan produksi. “Sekolah lapangan akan dibagi dua kelas masing-masing kelas 25 orang,” ujarnya.

Baca Juga :  Wisatawan Australia Tewas Tenggelam di Maumere

Menurutnya sekolah lapangan iklim merupakan salah satu peran dari Badan Meteorologi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam mendukung ketahanan pangan. Tahun ini sekolah lapangan iklim ini digelar di 25 provinsi terutama di sentra-sentra pertanian. (GBA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *