SMS Value, Kapal Perdana Tiba di Pelabuhan Tenau

  • Whatsapp
Penumpang Turun dari Kapal SMS Valeu/Foto: lintasntt.com

Kupang – Kapal Motor (KM) ‘SMS Value’ yang mengangkut 43 penumpang dari Pulau Wetar, Maluku sandar di pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat (5/6/2020) siang.

SMS Value menjadi kapal perdana yang tiba di Pelabuhan Tenau Kupang, setelah larangan kapal angkut penumpang yang dikeluarkan Dinas Perhubungan NTT sejak 14 April, berakhir 31 Mei 2020. Namun, sebelum sandar seluruh penumpang wajib menjalani pemeriksaan kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan virus korona.

Read More

Sebelum sandar, kapal tersebut lego jangkar tak jauh dari pelabuhan untuk memberikan kesempatan kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) naik ke kapal untuk memeriksa suhu tubuh terhadap penumpang dan anak buah kapal (ABK).

Baca Juga :  PLN ULP Kalabahi Salurkan Paket Sembako di Alor Barat Daya

“Hasil pemeriksaan seluruh penumpang dan ABK normal, dan seperti kita lihat bersama, kapal diizinkan sandar untuk menurunkan penumpang,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha KKP Kelas III Kupang Hengky Jezua.

Di pelabuhan, seluruh penumpang wajib menaati protokol kesehatan yakni wajib turun satu per satu dengan tetap menjaga jarak aman satu meter. Selanjutnya, barang-barang penumpang disemprot disinfektan, cuci tangan dan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (HAC).

Menurut Hengky, seluruh penumpang kapal juga wajib menjalani isolasi diri di rumah masing-masing selama 14 hari. Petugas akan tetap memantau kesehatan mereka selama masa karantina mandiri. “Jelang new normal, KKP tetap tetap menjalankan protokol kesehatan karena pengendalian covid-19 tidak terlepas protokol kesehatan tersebut,” ujarnya. (*/mi)

 

Baca Juga :  Nelayan Tenau dan Bolok Terima Paket Sembako di Tengah Laut

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *