Seorang Prajurit TNI Gugur dalam Kontak Senjata dengan KKB di Papua

  • Whatsapp
Ilustrasi

Papua – Kontak senjata antara prajurit TNI dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terjadi di Pos Koramil Persiapan Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Sabtu (19/9/2020).

Kontak senjata yang melibatkan Satgas BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Persiapan Hitadipa dengan KKB terjadi sekitar pukul 13.20 WIT.

Read More

Salah satu personel Satgas Apter, Pratu Dwi Akbar Utomo, gugur karena luka tembak dalam kontak senjata itu. Pratu Dwi dinyatakan meninggal pada pukul 14.50 WIT.

“Saat ini Jenazah sedang diurus proses evakuasi ke Timika,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria dalam keterangan tertulisnya, Sabtu petang.

Baca Juga :  Reshuffle Kabinet Diumumkan Pukul 13.00 WIB

Pasukan TNI dan Polri melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian. Menurut Reza, Satgas Apter yang bertugas menyiapkan Koramil dan Kodim baru untuk membantu pemerintah daerah melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.
Sebelumnya, KKB juga berulah di Kabupaten Intan Jaya pada Kamis (17/9/2020).

Hari itu, terdapat dua aksi kekerasan yang dilakukan KKB di wilayah itu. Anggota KKB membacok seorang pengemudi ojek bernama Badawi (49) menggunakan parang sekitar pukul 10.50 WIT. Badawi meninggal di lokasi yang berada di belakang SD YPPK Santo Mikael Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

Korban lalu dievakuasi oleh masyarakat setempat, TNI, dan Polri ke puskesmas. Peristiwa kedua terjadi sekitar pukul 14.20 WIT. KKB mengadang anggota Babinsa Serka Sahlan yang membawa logistik. Serka Sahlan tewas karena luka tembak dalam insiden itu. (Sumber: kompas.com)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *