Selamat, Nemberala Juara 1 Anugerah Pesona Indonesia 2016

  • Whatsapp
Pantai Nemberala di Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Model: Donna Permata Rissi/Foto: Dok. Palce Amalo

Kupang–Nemberala di Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur meraih juara 1 (gold) untuk kategori Tempat Berselancar Terpopuler Anugerah Pesona Indonesia (API) 2016.

Pengumuman pemenang API 2016 digelar di Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Read More

Nemberala meraih 20,2% dari total vote, mengalahkan tempat berselancar kelas dunia lainnya seperti Nusa Lembongan di Klungkung, Bali yang meraih juara 2 dengan 17,3% dari total vote, dan Pantai Plengkung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang meraih juara 3 dengan 16,9% dari total vote.

Ada 10 tempat berselencar populer yang diikusertakan dalam di API 2016 termasuk tiga pemenang tersebut. Tujuh lainnya ialah Ombak Bono Sungai Kampar (Pelalawan, Riau), Pulau Nias (Nias, Sumatera Utara), Pulau Panaitan (Pandeglang, Banten), dan Pulau Sipora (Mentawai, Sumatera Barat).

Baca Juga :  Ada Festival Makan Ikan di Pembukaan Tour de Flores

Kemudian Pantai Lakey (Dompu, NTB), Pantai Ombak Tujuh (Sukabumi, Jawa Barat), dan Pantai Tanjung Setia (Lampung Barat, Lampung).

Kabid Promosi, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Eden Klakik yang mengikuti pengumuman pemenang API 2016 mengatakan ada 10 kategori yang diikuti 102 calon API sejak 23 Mei-23 Agustus 2016.

Dari jumlah itu, NTT menang di enam kategori terdiri dari empat gold untuk juara 1, satu silver untuk juara 2, dan satu bonze untuk juara 3.

Adapun tiga gold lainnya diraih Pulau Alor untuk kategori Tempat Menyelam Terbaik, Pantai Nihiwatu di Sumba Barat untuk Wisata Terpopuler Kebersihannya, dan Situs Bung Karno di Ende untuk kategori Situs Sejarah Terpopuler.

Baca Juga :  Pantai Lasiana Dibenahi dengan Anggaran Rp4,5 Miliar

Sedangkan juara 2 diraih Pasola dalam kategori Atraksi Budaya Terpopuler, dan juara 3 diraih Danau Kelimutu di Ende untuk kategori Dataran Tinggi Terpopuler. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *