Selama Selasa, NTT Diguncang 5 Kali Gempa

  • Whatsapp
Gempa di NTT/Gambar; BMKG

Kupang–Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang lima kali gempa pada Selasa (21/2/2017) pagi hingga sore.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang, Hasanudin mengatakan, gempa bumi pertama berlangsung sekitar pukul 7.33 Wita di Kabupaten Sumba Barat Daya. Kekuatan gempa tercatat 3,1 Skala Richter (SR).

Read More

Lokasi gempa 9,63 derajat lintang selatan dan 118,75 derajat bujur timur, atau berada sekitar 44 kilometer barat daya Kabupaten Sumba Barat Daya dengan kedalaman 12 kilometer.

“Gempa kedua terjadi beberapa pertama pada pukul 9.21 Wita masih di kabupaten yang sama yakni Sumba Barat Daya dengan kekuatan magnitud 3,2 SR,” sebut Hasanudin.

Baca Juga :  Sisa Dana Desa Difokuskan untuk Program PKDT

Pusat gempa sekitar 63 kilometer barat laut Kabupaten Sumba Barat Daya dengan kedalaman 13 kilometer.

Selanjutnya gempa bumi ketiga terjadi di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada pukul 9.44 Wita dengan kekuatan 3,8 SR berpusat pada 56 kilometer barat laut Kabupaten TTU dan kedalaman 84 kilometer.

Kemudian pukul 15.37 Wita, gempa berkekuatan 3,9 SR mengguncang Kabupaten Lembata. Pusat gempa bumi yakni 48 kilometer tanggara Kabupaten Lembata dengan kedalamannya yakni 116 kilometer.

“Sedangkan gempa bumi yang barusan terjadi ini di Kabupaten Sumba Barat Daya dengan kekuatan magnitud 3,6 SR, pada pukul 18.11 Wita,” katanya.

Pusat gempa berada 35 kilometer barat daya Kabupaten Sumba Barat Daya dengan kedalaman 72 kilometer.

Baca Juga :  Mendes PDTT Ajak Unasman Bantu Wujudkan Pembangunan Desa Berkelanjutan

“Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat getaran gempa tersebut,” ujar Dia. (kompas.com/giran)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *