Selama 2021, PLN NTT Berhasil Melistriki 9 Desa Terpencil di Alor

  • Whatsapp
Foto: PLN

Kupang – PT PLN Unit Induk (UIW) Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil melistriki sembilan desa di Kabupaten Alor selama 2021 dengan anggaran sebesar Rp12,207 miliar.

Sembilan desa itu ialah Kelaisi Barat, Malaipea, Lella, Tamanapui di Kecamatan Alor Selatan.

Read More

Selanjutnya, Desa Welai Selatan, Tominiku, Fuisama di Kecamatan Alor Tengah Utara, Desa Langkuru di Kecamatan Pureman, dan terakhir Desa Kafelulang di Kecamatan Alor Barat Daya yang menyala pada tanggal 23 Desember 2021.

Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Kupang R. Cahyo Gunadi mengatakan tak mudah bagi PLN untuk bisa memasok listrik ke desa-desa tersebut.

Baca Juga :  Bantuan Logistik untuk Korban Bencana di Alor Belum Tiba

Pasalnya, jarak desa ke Kalabahi, ibu kota Kabupaten Alor sekitar 71 kilometer dengan akses jalan yang sulit dan belum beraspal, melewati medan berbukit dan jurang yang curam serta harus menyebrangi beberapa anak sungai.

Untuk mencapai desa-desa tersebut, petugas PLN membutuhkan waktu sekitar 12 jam perjalanan darat. menggunakan truk untuk mengangkut material tiang listrik dan material lainnya dengan kondisi cuaca yang sering berubah-ubah.

Pada kondisi jalan yang rusak parah tidak bisa dilalui truk, maka selanjutnya tiang diecer menggunakan kendaraan mobil berjenis panser. PLN bahu-membahu untuk bisa menancapkan tiang ke tanah, dengan menggunakan crane dan tenaga manusia, hingga bisa berdiri kokoh karena masyarakat sudah sangat merindukan terang di desa mereka.

Baca Juga :  Manusia Alor Beradaptasi dengan Perubahan Iklim Sejak 40.000 Tahun Lalu

Jumlah tiang listrik yang dibawa ke 9 desa tersebut, sebanyak 2.445 batang yang terdiri dari tiang besi 12 meter untuk Jaringan Tegangan Menengah sebanyak 1.077 batang dan Tiang Besi 9 m untuk jaringan tegangan rendah sebanyak 1.368 batang.

Hingga akhirnya, kerinduan masyarakat membuahkan senyuman karena PLN bisa menyelesaikan pekerjaan listrik ke desa-desa mereka.

“Puji Tuhan, kami sudah merasakan listrik menyala di desa kami. Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN karena telah membangun jaringan listrik di desa kami dan akhirnya kami bisa menikmati listrik secara langsung dari PLN,” ujar Simon Parmenas Legabui selaku Kepala Desa Kafelulang, Kecamatan Alor Barat Daya. (pln)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *