Selama 2021, 24 Desa di Manggarai Barat Teraliri Listrik PLN

  • Whatsapp

Labuan Bajo – PT PLN UP2K Flores berhasil melistriki 24 desa di Kabupaten Manggarai Barat selama 2021.  Sebanyak 7.213 keluarga di 24 desa tersebut kini sudah menikmati listrik PLN.

Sebuah pencapaian yang patut diapresiasi mengingat Kabupaten Manggarai Barat merupakan destinasi wisata premium di NTT.

Sebagai salah satu Kabupaten yang berusia muda, PLN UIW NTT melalui PLN UP2K Flores terus berupaya dengan kondisi geografis yang terjal dan curam serta lokasi desa yang harus melalui medan bebatuan telah berhasil melistriki 24 desa di Manggarai Barat , kemudian 2 desa sedang on progress dan 5 desa sudah dalam tahap perencanaan untuk dilistriki.

Manager UP2K Flores, Simi Lapebesi menyampaikan bahwa PLN terus berkomitmen melistriki desa-desa hingga ke pelosok. “Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak sehingga Desa-desa di Kabupaten Manggarai Barat bisa menikmati listrik dari PLN. Kami tetap berupaya melakukan yang terbaik agar desa- desa lain yang belum mendapat listrik bisa segera menikmati listrik dan itu membutuhkan sinergi kepada Pemerintah dan tentunya masyarakat. Segala upaya akan kami lakukan dan sudah dalam tahap perencanaan oleh PLN baik itu melalui perluasan dari jaringan eksisting dan pembangunan PLTS Komunal”. Ujar Simi.

Baca Juga :  Butuh Terebosan Bangun Peternakan di NTT

PLN UP2K Flores juga berhasil melaksanakan komisioning test jaringan listrik di Desa Tengku Kecamatan Kuwus Barat Kabupaten Manggarai Barat Pada tanggal 22 Desember 2021 lalu. Untuk melistriki 24 desa di Kabupaten Manggarai Barat tahun 2021, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 59,61 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 101,76 kms dan 24 buah gardu dengan total 1.200 kVA dengan nilai investasi sekitar 33 Miliar rupiah

Salah satu masyarakat dan juga Tua Golo (Tua Adat) Desa Tengku bernama Yohanes Nggana (65) dengan profesi sebagai petani menyampaikan rasa syukurnya.

“Sesuai dengan adat di desa kami, sebelum dilaksnakan pengetesan arus kami akan melakukan acara adat sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Saya sebagai Tua Golo di Desa Tengku mewakili masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN karena telah membawa terang ke desa kami dan kami dapat menyambut Tahun Baru 2022 dengan terang dan sukacita,” imbuhnya (*).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *