Sebanyak 89.410 KK Miskin Ekstrem di NTT akan Dapat Bantuan Sembako dan BLT

  • Whatsapp
Foto: Biro Adm Pimpinan Setda NTT

Kupang – Pemerintah memberikan dukungan tambahan sembako dan BLT-Desa bagi bagi kelompok miskin ekstrem di lima kabupaten di NTT.

Total keluarga miskin ekstrem di lima kabupaten sebanyak 89.410 kepala keluarga (KK) atau 212.672 jiwa tersebar di Rote Ndao, Sumba Timur, TTS, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat memimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2021 di Kupang, Minggu (17/10/2021). Bantuan diberikan selama tiga bulan.

“Ukuran tingkat kemiskinan ekstrem yang digunakan mengacu pada definisi Bank Dunia dan PBB yaitu sebesar 1,9 dolar AS PPP (purchasing power parity) per kapita per hari, di bawah ukuran tingkat kemiskinan umum yang digunakan BPS yaitu sebesar 2,5 US dolar PPP per kapita per hari,” kata Wapres.

Baca Juga :  Ibrahim Medah dan Menteri PU Kunjungi Korban Gempa Alor

Rapat tersebut antara lain dihadiri Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, bupati dari lima kabupaten, dan ketua bappeda dari lima kabupaten tersebut.

Menurut Wapras, anggaran bukan masalah utama dalam upaya penanggulangan kemiskinan ekstrem, karena anggaran kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah sudah mencukupi. Akan tetapi, tantangannya adalah bagaimana program tersebut konvergen dan terintegrasi dengan sasaran yang ditetapkan.

“Konvergensi merupakan faktor utama dalam penanggulangan kemiskinan ekstrem untuk memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem mulai dari tahap perencanaan, penentuan alokasi anggaran, penetapan sasaran dan pelaksanaan program tertuju pada lokus yang sama baik itu secara wilayah maupun target masyarakat yang tepat,” kata Wapres. (*/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *