Sebanyak 140 Imigran di Kota Kupang Divaksin Covid-19

  • Whatsapp
Foto: Humas Kota Kupang

Kupang – Sebanyak 140 dari 220 imigran asing asal Afghanistan dan Pakistan yang ditampung di Kota Kupang, disuntik vaksin covid-19.

Pemerintah Kota Kupang memberikan dukungan penuh kepada International Organization for Migration (IOM) Indonesia yang menggagas vaksinasi bagi para pengungsi luar negeri tersebut. Dukungan tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man saat menghadiri kegiatan vaksinasi Covid 19 bagi para imigran yang dipusatkan di Hotel Sasando Kupang, Sabtu (19/6/2021).

Read More

Meski berstatus sebagai pengungsi, karena selama ini sudah menetap di Kota Kupang, Pemerintah Kota Kupang memiliki kewajiban untuk memperhatikan mereka. Karena itu atas nama Pemerintah Kota Kupang, wakil wali kotaberterima kasih kepada IOM yang telah membantu Pemkot Kupang dalam upaya penanganan covid 19.

Untuk penanganan covid-19, Pemerintah Kota Kupang telah melakukan berbagai upaya, seperti menerbitkan Peraturan Wali Kota terkait penanganan Covid 19 berskala mikro.

Baca Juga :  Rapid Test 3, Karyawan Hotel Aston Kupang Non Reaktif

Pemerintah Kota Kupang juga berupaya keras untuk melakukan pencegahan penyebaran covid 19, meski diakuinya masih banyak warga Kota Kupang yang belum taat. Setelah sempat menurun pada awal tahun lalu, sejak April 2021 lalu terjadi kenaikan jumlah kasus 5 hingga 15 kasus setiap hari.

Upaya kedua yang dilakukan oleh Pemkot Kupang untuk memutus rantai penularan covid 19 menurut Wawali adalah melakukan vaksinasi. Dengan vaksinasi diharapkan semua warga Kota Kupang termasuk pengungsi luar negeri mencapai herd imunity.

Dia berharap dengan kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan IOM ini semua pengungsi luar negeri yang ada di Kota Kupang bisa divaksin.

Kepala IOM Kupang, Asni Yurika menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wawali dan dukungan Pemkot Kupang sebagai mitra pada kegiatan vaksinasi ini.

Menurutnya IOM sebagai organisasi yang dipercaya untuk memfasilitasi penanganan pengungsi luar negeri juga memberi perhatian serius terhadap penanganan covid 19 di Indonesia pada umumnya dan Kota Kupang pada khususnya. IOM juga mengalokasikan dana yang cukup besar untuk penanganan Covid 19 terutama untuk membantu penyediaan fasilitas kesehatan rumah sakit di kota-kota yang menampung para pengungsi.

Baca Juga :  Ratusan Wartawan di Lingkungan Pemprov NTT Divaksin Covid-19

Pada kegiatan yang diselenggarakan hari ini IOM bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan RI akan memberikan vaksin kepada 177 orang pengungsi luar negeri yang tersebar di tiga akomodasi di Kota Kupang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Koordinator Substansi Pengendalian Resiko Lingkungan dan Kesehatan Lintas Wilayah pada KKP Kemenkes RI di Kupang, Hengky Yanrez Jozua, bersama tim vaksinasi, perwakilan dari Rumah Detensi Imigrasi Kupang dan Perwakilan dari Polres Kupang Kota.

Turut mendampingi Wawali dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa, Kabid Pengkajian Masalah Strategis pada Badan Kesbangpol Kota Kupang, Jeriyanto R.R.Lakusa yang mewakili Kepala Puskesmas Oepoi, dokter Yohanes P. Lisangan. (siaran pers/PKP_ans)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *