Sebanyak 100 Milenial di Rote dan Kupang Dilatih Membuat Topi Ti’i Langga

  • Whatsapp
Foto: Dekranasda NTT

Kupang – Dewan Kerajinan Nasional bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Nusa Tenggara Timur, dan Kementerian Pertahanan menggelar pelatihan pembuatan topi Ti’i Langga bagi 100 milenial di daerah itu.

Ratusan milenial tersebut berasal dari Kabupaten Rote Ndao dan Kupang dilatih untuk membuat sekitar 1.000 Ti’i Langga sejak Agustus-September 2021.

Read More

Ti’i Langga merupakan topi khas Rote Ndao yang dibuat dari daun lontar. Bentuk topi ini unik dan memiliki makna mendalam tentang persatuan. Hal tersebut terlihat dari bentuk anyamannya yang sangat erat.

Ketua Dekranasda NTT Julie Sutrisno Laiskodat mengatakan pelibatan milenial bertujuan mendorong mereka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam memproduksi kerajinan Ti,i Langga sekaligus melestarikan warisan nenek moyang Rote Ndao tersebut.

Menurutnya, saat ini generasi milenial terkesan tidak terlalu berminat menggeluti dan mengembangkan Ti’i langga. Hal itu sebabkan proses pembuatannya yang cukup rumit yang akhirnya berdampak terhadap pemasaran, yang membuat Ti’i Langga lebih banyak diproduksi untuk kepentingan adat dan acara resmi pemerintah.

Namun, pelaku Industri Kecil Menengah pembuat topi Ti’i Langga berharap besar produk ini bisa menjadi primadona di daerah destinasi pariwisata yang ada di NTT. Sementara peran milenial untuk mendongkrak destinasi sangat strategis. Dekranasda NTT yang diketuai Julie Sutrisno Laiskodat memiliki cita-cita besar pengembangan berbagai kerajinan khas NTT, termasuk Ti’i Langga.

Baca Juga :  Kemenkop UKM Bantu Kembangkan Enam Produk Unggulan NTT

Setelah sukses mengangkat tenun ikat ke level nasional bahkan internasional, kali ini giliran Ti’i Langga

Julie Sutrisno Laiskodat yang juga istri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat selalu punya terobosan strategis. Dia selalu punya cara untuk menampilkan kekayaan budaya dan pariwisata NTT ke level nasional.

Penanggung Jawab kegiatan pelatihan Ti,i Langga, Marcelina Kopong mengatakan pelatihan pada Agustus digelar selama 6 hari, dan September selama 10 hari, selanjutnya para peserta akan melanjutkan pembuatan topi Ti,i Langga dari rumah ke rumah para peserta.

“Dekranasda NTT di bawah kepemimpinan Bunda Julie Sutrisno Laiskodat dan Bunda Maria Fransiska Djogo mempunyai tujuan untuk mendorong generasi muda dan kaum milenial untuk menggeluti kerajinan industri topi Ti,iLangga. Selain itu, mendorongkaum muda berkarya dan meningkatkan pendapatan dan produktifitas usaha,” kata Marcelina, Jumat (8/10/2021).

Ia menjelaskan, kegiatan pelatihan itu memberikan dampak positif bagi 24 industri kecil produksi makanan dan minuman selama kegiatan berlangsung. Disisi lain, kata dia, hasil kerajinan pembuatan Ti,i Langga langsung dibeli oleh Dekranasda NTT dan selanjutnya akan dibawa oleh Julie Sutrisno Laiskodat ke Jakarta.

Ia merincikan, lokasi pelatihan terletak di desa Lalukoen, Desa Daerundale kabupaten Rote Ndao dan dua kelompok di desa Tanah Merah, kabupaten Kupang. Para peserta dilatih oleh instruktur yang berpengalaman di bidang kerajinan pembuatan topi Ti,i Langga.

Baca Juga :  Puluhan Hektare Padi Rusak Tersapu Banjir di Kupang Barat

Pasca pelatihan, hasil karya 100 anak muda itu kemudian diboyong ke Jakarta oleh Julie Sutrisno Laiskodat. di Jakarta, 1000 topi Ti,i Langga itu dibeli oleh Kemenhan RI.

Dalam kesempatan pameran di Kemenhan, tampak Julie Sutrisno Laiskodat berfoto bersama Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, istri Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. HADI Tjahjanto, Hetty Andika Prakasa istri Jendral TNI Andika Perkasa (Kasad TNI), Vero Yudo Margono Istri Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Selain itu, Inong Fadjar Prasetyo Istri Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Metty M Herindra Istri Wakil Menteri Pertahanan Indonesia Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra, Endang Karya Sumadi Istri Mentri Perhubungan Indonesia Ir. Budi Karya Sumadi.

Julie Laiskodat menjelaskan, pelatihan 100 generasi milenial itu dalam rangka melestarikan Budaya dengan memberikan keahlian pembuatan 1000 Ti’ilangga Topi khas Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

“Pelatihan Wirausaha baru Destinasi wisata super prioritas Labuan Baju dalam Rangka Melestarikan Budaya dengan memberikan pelatihan pembuatan 1000 Ti’ilangga Topi khas Kabupaten Rote Ndao,” kata Julie yang juga ketua Teritori Pemenangan Pemilu Wilayah Bali NTB NTT DPP Partai Nasdem itu. (*/rilis)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment