Satelit Telkom-3 Kemungkinan Jatuh di Mongolia atau Cina

  • Whatsapp
Ilustrasi: Satelit Palapa/iNDOSAT.COM

Jakarta – Satelit Telkom-3 yang hilang sejak 2012 atau 9 tahun lalu, diperkirakan jatuh sejak Jumat (5/2/2021) di wilayah Mongolia atau Cina.

“Namun, belum ada laporan jatuh atau temuan. Ada kemungkinan jatuh di wilayah terpencil,” ujar Peneliti Lapan Rhorom Priyatikanto, Sabtu (6/2)

Read More

Lapan telah berkoordinsai dengan Telkom dan badan antariksa Rusia, Roscosmos jatuhnya satelit yang hilang sejak 9 tahun lalu tersebut. Satelit Telkom-3 berbobot 1,845 ton ini tidak mengandung bahan radioaktif dan diperkirakan sebagian besar massa satelit akan terbakar saat memasuki atmosfer hingga menyisakan 10% hingga 40% massa awalnya.

Satelit Telkom-3 (COSPAR-ID 2012-044A, NORAD-ID 38744) merupakan satelit buatan ISS Reshetnev, Rusia berdasarkan pesanan Telkom. Satelit tersebut diluncurkan pada tanggal 6 Agustus 2012 dari Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan, tetapi masalah teknis menyebabkannya gagal mencapai orbit.

Baca Juga :  Inovasi Untuk Percepatan Pelayanan Publik

Saat itu, satelit Telkom-3 bersama satelit Ekspress-MD2 yang menumpang roket milik pemerintah Rusia Proton-M itu telah hilang setelah beberapa jam meluncur menuju slot orbitnya karena gagal dalam tahapan Briz-M.

Briz-M merupakan tahapan pelepasan tangki bahan bakar diikuti relokasi instrument pengarahan dari komando pusat dalam rangka menghindari goncangan ketika tangki tambahan propellant dilepas.

Sementara itu, Satelit Telkom-4 atau satelit merah putih, diluncurkan sejak 7 Agustus 2018 mengorbit pada ketinggian 35.786 kilometer.

Satelit ini menggantikan satelit Telkom 1 sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan transponder. Satelit Telkom 4 dmembawa 60 transponder, sebanyak 36 transponder disewakan untuk kebutuhan domestik, sedangkan sisa 24 transponder akan dipasarkan untuk India.

Baca Juga :  NASA Kirim 20 Tikus ke ISS

Satelit Telkom-4 rencananya akan menggunakan platform SSL 1300 dan di desain untuk operasional selama 15 tahun. (sumber: lapan/detik/kompas)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *