Rute Kapal Pelni Kupang-Ambon-Papua Kembali Dibuka

  • Whatsapp
KM Nggapulu Sandar di Pelabuhan Tenau Kupang/Foto: Gamaliel

Kupang–Kapal Pelni kembali melayari rute NTT-Maluku-Papua setelah tutup lebih dari 10 tahun.

Rute ini dilayari Kapal Motor (KM) Nggapulu berkapasitas 3.000 penumpang dan beroperasi dua kali dalam satu bulan.

Read More

Sebelum kapal bertolak dari Pelabuhan Tenau Kupang, Jumat (1/4), Ketua Komisi V DPR Fary Francis bersama kepala Cabang PT Pelni NTT Adrian dan petugas PT Pelindo III mengunjungi kapal tersebut dan berdialog bersama nakhoda dan penumpang.

“Sebenarnya ini rute lama tetapi cukup lama dihentikan. Sekarang penumpang senang karena dulu mereka mau datang ke Kupang naik kapal perintis selama satu minggu di laut. Itu pun tidak diberi makan. Sekarang hanya butuh satu malam untuk tiba di Ambon,” kata Fary kepada wartawan.

Baca Juga :  6.000 Warga Palue Terancam Kelaparan

Pelayaran tersebut merupakan empat kalinya dalam satu bulan terakhir.  Untuk menarik minta penumpang, PT Pelni memberlakukan potongan sebesar 20% harga tiket. Harga tiket sebelum diskon untuk rute Kupang-Ambon misalnya sebesar Rp215.000.

Rute KM Nggapulu ialah Surabaya, Maumere, Larantuka, Kupang. Dari Kupang, kapal berlayar menuju Lewoleba kemudian melanjutkan pelayaran ke Ambon, Fak-Fak, Sorong, Manokwari, Wasior dan Nabire. Kemudian kembali lagi mengikuti rute yang sama.

Menurut Fary rute ini akan ramai karena banyak warga Papua dan Ambon berdomisili di NTT. Sebaliknya warga NTT yang bermukim di dua daerah ini mencapai puluhan ribu orang. “Terima kasih Pelni yang telah membuka kembali rute ini,” kata Dia.

Baca Juga :  Evakuasi Pesawat Kalstar Tunggu KNKT

Untuk memperlancar pelayaran, Fary minta sejumlah infrastruktur pelabuhan segera dibenahi. Panjang dermaga pelabuhan tenau sekitar 100 meter, padahal panjang KM Nggaulu mencapai 150 meter.

Menurutnya nakhoda KM Nggapulu menyampaikan harapannya untuk memperpanjang dermaga dan mengatasi persoalan air bersih di Pelabuhan Larantuka dan Pelabuhan Sikka.

Kepala PT Pelni Cabang Kupang Adrian mengatakan KM Nggapulu adalah kapal Pelni ke-6 yang beroperasi di perairan NTT. Enam kapal tersebut cukup, namun masih kurang jika dimanfaatkan untuk angkutan natal dan tahun baru. (gma/mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *