RS WZ Johannes Kupang jadi Rujukan Pasien Terinfeksi Virus Korona

  • Whatsapp
ILUSTRASI: Warga Jepang pakai masker untuk antisipasi penyebaran virus coronavirus (report.az)

Kupang–Rumah Sakit (RS) WZ Johannes Kupang, Nusa Tenggara Timur disiapkan menjadi tempat perawatan pasien terinfeksi virus Korona. “Saat kami sedang persiapan untuk menyiapkan ruangan,” kata Wakil Direktur RS WZ Johannes Kupang, dokter Stevanus Soka seperti dikutip dari MI di Kupang, Senin (27/1/2020).

Ruangan isolasi disiapkan tersebut terletak di lantai 2 gedung unit gawat darurat (UGD), akan dilengkapi fasilitas pendukung pakaian pelindung, serta dokter dan perawat.

Namun menurut Dia, kendala yang masih dihadapi adalah mempersiapkan ruang isolasi khusus yang sesuai standar agar bisa mencegah penularan pasien di lingkungan rumah sakit, saat perawatan serta juga peralatan pengamanan bagi petugas (APD) yang belum maksimal.

Baca Juga :  PLN NTT Berhasil Tingkatkan Penjualan Sebesar 10,4% di Triwulan I 2019

Namun, dari sisi sumber daya manusia (SDM) Rumah Sakit WZ Johannes cukup memamadai mulai dari dokter Ahli Paru, Penyakit Dalam dan Patologi Klinik serta perawat dan tenaga analis yang berkompeten dalam penanganan penyakit menular.

“Dalam waktu dekat kami berharap bisa melakukan koordinasi dengan Dinkes NTT serta pihak puhak terkait agar bisa mengantisipasi resiko penyebaran virus serta dampak yang ditimbulkan oleh virus ini,” ujarnya. (sumber : mi/palce amalo)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *