Romo Dus Bone Kukuhkan Pengurus DPS dan KUB di Stasi St.Agustinus Bello

  • Whatsapp
dok

Kupang – Pastor Paroki St. Fransiskus dari Asisi BTN Kolhua, Keuskupan Agung Kupang, RD. Longginus Bone mengukuhkan Pengurus Dewan Pastoral Stasi (DPS) dan Kelompok Umat Basis (KUB) di Stasi St. Agustinus Belo, Paroki St. Fransiskus dari Asisi Keuskupan Agung Kupang, dalam perayaan misa, Minggu, (20/2).

Dalam homilinya Romo Dus Bone (sapaan akrab, Longginus, red) meminta para Pengurus Dewan Pastoral Stasi (DPS) dan Kelompok Umat Basis (KUB) di Stasi St. Agustinus Belo melayani umat dengan murah hati, penuh cinta dan tidak mempersulit umat.

Ada lebih dari seratus orang Pengurus Stasi dan 13 KUB di lingkup Stasi St. Agustinus Bello yang dikukuhkan saat itu guna melayani umat di Stasi Bello.

Dikatakan menjadi seorang pengurus tentu bukanlah perkara mudah. Ada banyak tantangan dan perilaku umat masa kini apalagi yang hidup dalam keterbatasan sosial ekonomi terutama ditengah pandemic Covid-19.
“Tidak mudah memang, tapi yakinlah dengan pola pendekatan yang penuh kasih, murah hati dan melayani maka apapun tantangan yang dihadapi umat pasti bisa diatasi. Saya minta sesama sahabat mari dekati dengan hati dan jangan mempersulit umat, “ ujar Imam muda yang dikenal selalu dekat dengan umat itu.

Hadir pada misa pengukuhan itu Ketua Dewan Pastoral Paroki (DPP) St. Fransiskus Asisi BTN Kolhua Kupang Adrianus Ceme, Sekretaris DPP, para Penasehat Stasi, Ketua lama DPS St. Agustinus Bello Antonius Mau, Ketua DPS Baru Dominikus Masang Kopong dan jajarannya, 13 orang Ketua KUB dilingkup DPS Stasi St. Agustinus serta ratusan umat yang memenuhi gereja tersebut.

Romo Dus mengajak semua pengurus DPS yang dilantik untuk terus bergandengan tangan membangun iman umat, bekerja bersama dan sama-sama bekerja untuk kemajuan gejera Tuhan di Stasi St. Agustinus Bello selama 3 tahun kedepan.

Adapun dalam ritus Pengukuhan Pengurus DPS itu diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Sekretaris DPP St. Fransiskus Asisi BTN Kolhua tentang Pengangkatan dan Komposisi Kepengurusan DPS St.Agustinus Bello periode 2022-2025 selanjutnya pengurus inti DPS dan para Ketua KUB maju ke depan altar untuk dikukuhkan oleh Imam.

Mereka terlebih dahulu mengucapkan janji diatas Alkitab dengan lilin menyala ditangan, dikalungkan salib bagi setiap pengurus kemudian didoakan, diberkati dengan tumpangan tangan dan selanjutnya direciki air sebagai symbol penyegaran iman dan penguatan dalam menjalankan tugas dan karya pastoral di tingkat stasi.

Baca Juga :  Longsor di Kali Liliba Kupang, 2 Orang Tewas

Romo Dus Bone selanjutnya menyerahkan SK tersebut kepada Dominikus Masang Kopong selaku Ketua DPS St.Agustinus Bello yang baru kemudian ke masing-masing Ketua KUB yang hadir saat itu.

Sebelum mengakhiri Misa Pengukuhan dilakukan acara penandatangan Berita Acara dan Serah Terima Jabatan dari Ketua DPS yang lama kepada Ketua DPS yang baru disusul Sambutan-Sambutan dari Ketua DPS terlantik, Ketua DPS lama, Ketua DPP St.Fransiskus Asisi Kolhua serta sedikit penegasan dan penguatan iman dari Pastor Paroki.

Ketua DPS St.Agustinus Bello Dominikus Masang Kopong saat itu menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pastor Paroki, Tim 5 dan Pengurus DPS yang lama serta semua umat sehingga proses pemilihan berlangsung lancar dan demokratis.

Ia meminta dukungan dan kerjasama dari Pastor Paroki dan Pastor rekan, seluruh penasehat, jajaran pengurus dan semua umat untuk membangun Stasi St.Agustinsu Bello yang lebih baik.

Ketua DPS demisioner Antonius Mau dalam sambutannya mengatakan meski dalam pandemic Covid-19, jajarannya terus bekerja membangun iman umat melalui berbagai program kegiatan baik rohaniah maupun fisik. Ia juga menyampaikan kondisi eksisting gereja St. Agustinus Bello.
Saat ini katanya Stasi St. Agustinus Bello memiliki 2 bidang tanah gereja bersertifikat dengan 1 gedung gereja dan beberapa fasilitas pendukung. Adapun jumlah umat yang terdata sebanyak lebih dari 1.700 orang. Anton juga menyampaikan secara terbuka kondisi keuangan di kas stasi sebanyak Rp43 juta lebih.

Tak lupa Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya dalam memimpin Stasi St. Agustinus Bello selama kurang lebih 4 tahun dan berharap kepengurusannya terus memberi dukungan bagi pengurus yang baru dalam bekerja dan memajukan stasi.
Rasa Takut dan Bersyukur

Sementara Ketua DPP Paroki St. Fransiskus dari Asisi BTN Kolhua, Adrianus Ceme dalam sambutannya mengajak semua pengurus untuk bersatu membangun paroki dengan melayani umat secara total dan tidak ada embel-embel.

Dikatakan menjadi pengurus DPP ataupun DPS adalah sebuah anugerah dan tugas mulia yang harus dikerjakan juga dengan penuh sukacita, pelayanan dan kerealaan untuk memberi diri secara tulus iklas.
“Memang tidak mudah menjadi pelayan ditengah kondisi umat kita yang makin maju dan modern. Saya sekian tahun bekerja dan merasakan tugas ini memang berat tetapi kuncinya menjalankan dengan penuh sukacita sebagai karya pastoral yang kaya akan makna iman,” katanya

Baca Juga :  Pemuda GMIT Gelar Sidang Pleno Pertama

Adrianus kemudian membagikan pengalamannya saat beberapa tahun lalu terpilih dan dipercayakan memimpin DPP Paroki St.Fransiskus Asisi Kupang. Ada dua perasaannya saat itu yakni takut tetapi juga bersyukur.
“Pertama takut karena tidak bisa bekerja memuaskan keinginan puluhan ribu umat di 6 stasi. Takut ada cemoohan, ada kritik ada amarah dan sebagainya ketika tidak bekerja baik. Tapi juga bersyukur karena kita dipilih dari sekian ribu orang untuk memikul beban dan tanggungjawab ini.
Dengan merasa bersyukur itulah kita akhirnya bekerja lebih total, penuh cinta kasih dan melayani umat secara baik dalam koordinasi dengan Pastor Paroki, pastor rekan, pengurus DPS dan juga semua umat,” ujarnya
Ia meminta para pengurus yang baru dilantik untuk bekerja total dan memberi diri untuk melayani umat lebih baik dan tanpa membedakan sekat politik atau apapun.

“Hindari mencampuradukan urusan gereja dan mungkin saja ada perbedaan politik diluar sana” pintanya.

Adrianus juga mengajak pengurus baru untuk bersama- sama DPP memfokuskan pembangunan gedung gereja baru di kompleks BMKG Bello yang menurutnya menjadi cikal bakal paroki baru bilamana telah memenuhi beberapa persyaratan teknis maupun administratif.

Adapun Pengurus Inti DPS yang dilantik yakni Ketua Domunikus Masang Kopong, Wakil Ketua Martinus Madu, Karolus Sara Buang Lera, Donatus Joseph Manehat, Elvis Arbertus Bin Toni, Sekretaris Robertus Fidianto, Wakil Sekretaris Krispinus Tatu Ipin, Bendahara Kristin Maria Noni, Wakil Bendahara Apriance Nahak, wakil Bendahara Paulus Pare. Mereka dibantu oleh sejumlah Pengurus Bidang dan Seksi.

Turut dikukuhkkan juga 13 orang Ketua Komunitas Umat Basis (KUB) dan puluhan orang pengurus KUB yang ada di Stasi St.Agustinus Bello.
Pantauan media, Misa Pengukuhan Pengurus DPS St.Agustinsu Bello berlangsung meriah dan lancar. Semua pengurus yang dikukuhkan mengenakan pakaian adat daerah masing-masing. Usai Misa dilanjutkan dengan ramah tamah sederhana disayap kanan gereja. (tim/42na)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *