Rokatenda Meletus, Tiga Tewas, Dua Hilang

  • Whatsapp
Gunung Rokatenda ketika meletus

KUPANG—LINTASNTT.COM:  Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (10/8) sekita pukul 04.27 Wita meletus.

Letusan tersebut mengakibat tiga orang tewas, dan dua orang lainnya dilaporkan hilang.  “Tiga orang yang tewas ditemukan hanya tingal rangkanya saja, tertimbun lahar panas,” Kata Sekretaris Kecamatan Palue Marthen Luther Adjie kepada LintasNTT.Com.

Korban tewas yakni Aloysius Lala, 65, Wea Lala, 58, Petrus Wale, 69, Sedangkan dua orang yang masih hilang yakni Lenga, 5, dan Pio, 7.Para korban berasal dari Kampung Ko’a Desa Rokirole Kecamatan Palue.

Abu vulkanik yang disemburkan dari kawah Rokatenda hingga ketinggian 1.500-2.000 meter di atas permukaan kawah. Ia mengatakan situasi di Pulau Palue sangat kacau karena warga berusaha menyelamatkan diri dengan berlari meninggalkan kampung-kampung di kaki gunung Rokatenda. Sementara mereka juga harus mengevakuasi warga yang meninggal.

Baca Juga :  Orang Tua Tak Usah Cemaskan Berita Vaksin Palsu

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Nusa Tenggara Timur Tini Thadeus mengatakan lahar yang keluar dari kawah mengarah ke bagian utara gunung. Hal itu berbeda dari letusan sebelumnya yakni lahar mengarah ke selatan gunung. “Jika lahar mengarah ke selatan gunung, tidak akan ada korban jiwa karena langsung menuju ke laut,” kata Tini.

Saat ini sejumlah pejabat dari Kabupaten Sikka telah bertolak menuju Pulau Palue guna memberikan bantuan darurat sekaligus mengevakuasi warga ke lokasi yang aman atau ke Pulau Flores. Pemerintah setempat juga minta warga meninggalkan kampung-kampung di kaki gunung atau minimal menjauh dari kaki gunung sekitar tiga kilometer.

Gunung Rokatenda setinggi setinggi 875 meter di atas permukaan laut saat ini masih berstatus siaga. Gunung ini meletus pertama pada Oktober 2012 yang mamaksa ribuan orang mengungsi ke Maumera ibu kota Sikka. Sekitar 2.700 pengungsi sampai saat ini belum berani kembali ke Palue. (GBA)

Baca Juga :  BPS NTT Akan Survei Risiko Terorisme

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *