Rektor UPG45 Apresiasi Terbentuknya Ormas “Gercin” Di NT

  • Whatsapp

Kupang, — Rektor Universitas Persatuan Guru 1945 (UPG45) Kupang, David Selan, SH.MH, mengapresiasi kehadiran Organisasi Massa (Ormas), Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (Gercin) di Nusa Tenggara Timur, setelah dideklarasikan berdirinya di Jakarta pada 10 April 2019.

“Atas nama Civitas Akademika UPG45 Kupang, mendukung penuh terbentuknya Ormas GERCIN di NTT,” kata Rektor David Selan, di Kupang, ketika menerima “Road Show” Tim Formatur Termandat DPD GERCIN NTT, di ruang kerjanya, Selasa, 27 April 2021.

Gercin, kata Selan harus menjadi penyeimbang bahkan menjadi pelopor Gerakan Cinta Indonesia, seperti yang termaktub dalam visi dan misinya sebagai mana yang telah ditegaskan badan hukumnya yaitu Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) berdirinya Ormas Nasional ini.

“Saya pernah mengikuti program Gerakan Cinta Indonesia ketika berada di Bali bersama Bapak Presiden RI saat ini, Joko Widodo, sehingga mengerti arah dan kebijakan Kepala Negara berkaitan dengan Gerakan Rakyat Cinta NKRI yang kini salah satunya dipelopori oleh Ormas Gercin,” katanya bersemangat.

Karena itu, kata Selan, apabila hari ini saya didapuk Tim Termandat Gercin DPD NTT untuk menjadi Pembina dan atau Penasihat dari Ormas ini, saya nyatakan siap bergabung sekaligus mendukung penuh bersama Civitas, akademika Kampus UPG45 Kupang, agar Gercin ada, maju dan berkembang di bumi Flobamoratar ini.

Baca Juga :  Wakil Gubernur NTT Lamar ke PKPI

“Saya pernah menjadi wakil ketua Pemuda Pancasila (PP) yang mempunyai prinsip yang sama dengan GERCIN yaitu Cinta Indonesia,” katanya.

Karena itu, Ia menitipkan satu harapan agar Permendikbud No.03 Tahun 2021 yang menghapus dan menghilangkan mata pelajaran dan atau Mata Kuliah Dasar Umum (MKUD) seperti Pancasila dan Kewarganegaran agar dipertimbangkan untuk dihadirkan kembali dengan salah satu pelopor dan penyalur aspirasi perjuangan untuk itu adalah Gercin dari Timur yaitu NTT.

“Satu titipan dari Rektor agar Peraturan Menteri Pendidikan Tahun 2021 yang menghilangkan mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan agar diperjuangkan kembali untuk ada lagi sebagai bukti nyata kecintaan kita akan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sebagai Pilar Bangsa secara menyeluruh dan berkelanjutan hingga generasi ke generasi,” pungkasnya.

Ikut dalam Road Show ini:

Ketua Termandat DPD GERCIN NTT Rofinus M. Ga’a, S.sos, M.si.
Wakil ketua II, Jefri Billy.
Sekretaris DPD GERCIN NTT Edy M. Nahak,SH.
Wakil Sekretaris 2 Maria Sado, wakil sekretaris panitia pelantikan, Maria Nesi Misa, Kabid Hukum dan Ham DPD GERCIN NTT, Ianzen Naisoko,SH.
Kabid Pemberdayaan sosial DPD GERCIN NTT/ketua panitia Pelantikan Eko Lado.

Baca Juga :  Unjuk Rasa UU Pilkada di DPRD NTT Ricuh

Sebelumnya, Ketua Termandat DPD Gercin NTT, Rofinus M. Ga’a memperkenalkan GERCIN sekaligus tujuan dan visi misi daripada terbentuknya GERCIN.

Latar belakang berdirinya Gerakan Rakyat Cinta Indonesia adalah akibat dari “Maraknya kasus Intoleransi dan kebencian serta radikalisme antar sesama WNI yang terjadi akhir-akhir ini di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Rofin.

Rofin, demikian panggilan akrab Rofinus M. Ga’a ini, dalam pengantar tatap muka itu, lebih lanjut mendeskripsikan; bahwa pasca jatuhnya Pemerintahan Orde Baru dan/atau lahirnya Orde Reformasi, Pendiri dan Ketua Umum DPN Gerakan Rakyat Cinta Indonesia, Hendrikus Yance Udam (HYU), melihat begitu banyak dugaan penyimpangan yang terjadi diberbagai sektor Pemerintahan, Swasta Dan Organisasi Kemasyarakatan, sehingga sistem pengelolaan bangsa dan Negara RI, menjadi sangat jauh dari harapan dan cita-cita luhur para Pendiri Bangsa dan Negara Republik Indonesia. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *