REI Luncurkan 1.500 Rumah untuk Rakyat NTT

  • Whatsapp
Peluncuran Rumah/Foto: Gamaliel

Kupang–Real Estate Indonesia (REI) meluncurkan 1.500 rumah bagi rakyat Nusa Tenggara Timur (NTT) di Kupang, Jumat (5/11/2016).

Peluncuran rumah dilakukan dalam Musyawarah Daerah (Musda) VII REI NTT yang dihadiri Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis.

Read More

REI adalah salah satu mitra kerja Komisi V DPR RI yang diberi tanggung jawab menyukseskan program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah pusat.

“Jauh-jauh hari sebelum momen ini, saya sudah mendatangkan Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PU PERA Maurits ke Kupang untuk melihat dari dekat kondisi perumahan yang disubsidi pemerintah untuk rakyat Nusa Tenggara Timur,” kata Fary kepada lintasntt.com.

Ketika itu, Fary bersama Maurits meninjau dua lokasi pembangunan rumah yakni di Oetalu, Kabupaten Kupang dan di Alak, Kota Kupang. Oetalu dekat dengan Kota Kupang namun akses jalan ke sana belum baik, masih jalan tanah, berdebu dan kerikil-kerikil lepas.

Belasan rumah contoh sudah dibangun saat itu namun aliran listrik belum ada. Pengembang mengeluhkan soal akses jalan masuk ke sana.

“Saat itu saya berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kupang untuk bisa memperbaiki jalan itu sehingga akses masuk ke perumahan menjadi semakin baik. Saya juga mendorong PLN dapat membantu mempercepat pemasangan jaringan listrik ke lokasi perumahan. Syukurlah, dua persoalan itu hari ini sudah teratasi,” kata Fary.

Fary mengatakan, karena program sejuta rumah disubsidi pemerintah, Ia minta uang muka bisa lebih ringan walaupun masa cicilan cukup lama.

“Saat ini untuk mendapatkan rumah ini cukup dengan uang muka dan administrasi sebesar Rp1 jutaan. Kiranya kemudahan-kemudahan ini dapat membantu rakyat kecil mendapatkan rumah yang layak,” ujarnya.

Di perumahan Alak juga ditemukan persoalaan yang hampir sama. Jalan lingkungan seputar perumahan masih menyisakan masalah. Begitu juga jaringan air minum ke lokasi perumahan yang belum memadai. Namn menurut Dia, persoalan-persoalan ini berangsur-angsur dapat teratasi berkat dukungan pihak-pihak terkait.

“Peluncuran 1.500 rumah ini hasil dari perjuangan dan dorongan banyak pihak. Sebagai wakil rakyat NTT, harapan kami kiranya rumah-rumah untuk rakyat NTT ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan prosesnya tidak menyulitkan warga yang mau mendapatkannya,” kata Fary. (gma)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.