Ramadan, Aktivitas Bongkar Muat di Tenau Tetap Beroperasi

  • Whatsapp
Ilustrasi: Ekspor Rumput Laut/Foto: Lintasntt.com

Kupang–Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur tetap beroperasi seperti biasa saat Perayan Idul Fitri.

“Tidak ada libur untuk kegiatan bongkar muat, saya gunakan antara 5-6 shift,” kata General Manager PT Pelindo II Pelabuhan Tenau Kupang, Baharuddin, Minggu (2/6).

Dengan demikian, diharapkan tidak terjadi antrean kapal yang akan melakukan bongkar muat di pelabuhan tersebut, serta bahan kebutuhan pokok untuk kebutuhan Idul Fitri tersedia dalam jumlah yang cukup. Begitu juga pelayanan embarkasi dan debarkasi tetap beroperasi seperti biasa.

Menurut Baharuddin, seluruh peralatan bongkar muat di pelabuhan Peti Kemas Tenau saat ini dalam kondisi baik.

Saat ini aktivitas bongkar muat di pelabuhan tersebut mengunakan dua kren peti kemas (container crane) yang mampu membongkar antara 20-25 boks per jam. Pelindo III Pelabuhan Temau juga telah mengoperasikan dua alat angkut peti kemas atau Rubber Tyred Gantry (RTG) ramah lingkungan pertama di Indonesia.

Baca Juga :  Jetstar Asia-L3 CTS Perkenalkan Program Pelatihan Kadet Pilot  

RTG adalah perangkat untuk memindahkan peti kemas di lapangan penumpukan pelabuhan, yang masing-masing mampu mengangkut sekitar 44 peti kemas per jam. Perangkat ini membuat Pelindo III Tenau menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) sampai 40% dalam satu tahun atau senilai Rp1 miliar. (mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *