Punya 10 Unit Usaha, BUMDes di Malang Sumbang Rp1,7 Miliar ke Pendapatan Desa

  • Whatsapp

Malang – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meresmikan guest house, salah satu unit usaha milik BUMDes Sumber Sejahtera Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang.

Abdul Halim atau akrab disapa Gus Menteri berharap, penginapan yang baru diluncurkan dan berada di tengah-tengah kawasan Desa Wisata itu dapat menambah pemasukan bagi Desa Pujon Kidul.

Read More

“Ini luar biasa sekali, BUMDes-nya sudah punya 10 unit usaha,” kata Gus Menteri sembari menikmati pemandangan di Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jumat (27/11/2020).

Baca Juga :  Jelang MotoGP Mandalika, Gus Menteri Siapkan Website Promosi Desa Wisata

BUMDes Sumber Sejahtera saat ini telah resmi memiliki 10 unit usaha, di antaranya Air Meterisasai, Tabungan Masyarakat, Kredit Usaha Mikro, Cafe, Wisata Edukasi, Pengolahan Sampah Terpadu, Pertanian dan yang terbaru adalah Live In atau Guest House.

Dari puluhan unit usahanya itu, BUMDes Sumber Sejahtera berhasil menyumbang pendapatan desa Pujon Kidul kurang lebih Rp1,7 Miliar setiap tahunnya.

Gus Menteri menjelaskan, setiap BUMDes diperbolehkan memiliki unit usaha sebanyak-banyaknya dengan catatan tetap memperhatikan potensi yang ada di desa tersebut.

“Yang tidak boleh itu satu desa punya lebih dari satu BUMDes, kalau BUMDes bersama tidak apa-apa banyak, gabung dengan desa sebelah itu boleh,” pungkasnya.

Baca Juga :  Pembangunan Infrastruktur Dorong Pertumbuhan Ekonomi NTT

Pujon Kidul merupakan desa di Kabupaten Malang yang memiliki destinasi wisata, lokasinya berjarak sekitar 30 kilometer atau dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari pusat kota.

Desa wisata yang dibangun pada 2015 silam ini berada di dataran tinggi, suasananya sejuk dan banyak spot foto yang instagraneble. Pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai kegiatan, seperti petik sayur, outbound, camping, belajar membuat biogas dan mengolah susu. (*/kemendes pdtt)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *